Kabar Duka: Pengabdi Jazz Indonesia, Benny Likumahuwa Berpulang

99
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM — Anak dari aktris senior Widyawati, Octaviano Prakasa Sophiaan turut berduka atas meninggalnya sang paman, musisi Benny Likumahuwa.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Hal tersebut disampaikannya melalui unggahan di Instagramnya. Octaviano membagikan potret hitam putih Benny Likumahuwa semasa hidup saat sedang bermain alat musik Trombon. Bersamaan dengan foto tersebut, ia menuliskan kalimat singkat untuk melepas kepergian sang paman. “Om Benny, sampai kita bertemu lagi #bennylikumahuwa #uncle #musician #therollies #passedawaytoday,” tulis Octaviano.

ADVERTISEMENT

Benny Likumahuwa meninggal hari ini, Selasa (9/6/2020). Kabar duka ini telah dikonfirmasi oleh Adib Hidayat melalui akun Twitternya. “Berita duka. Benny Likumahuwa, anggota band The Rollies, ayah dari @BarryLikumahuwa meninggal dunia Selasa, 9 Juni 2020 pukul 08.30. Konfirmasi saya dapatkan dari rekan satu band, Oetje F Tekol dan @dirasugandi,” tulis Adib.

Jagat musik tentunya sudah tidak asing dengan nama Benny Likumahuwa, musikus yang telah bersanding dengan jazz sejak tahun 60-an. Pemain saksofon legendaris ini diketahui baru saja meninggal dunia, jelang ulang tahunnya yang ke-74, pada 18 Juni nanti.

ADVERTISEMENT

Benny Likumahuwa mulai dikenal aaat ia menjadi bagian dari band fenomenal saat itu, The Rollies. Lagu-lagu mereka jadi megahits di eranya dan bahkan jadi masterpiece yang masih sayup-sayup terdengar di masa sekarang.

Selain The Rollies, Benny Likumahuwa juga terlibat dalam berbagai project musik bersama para musisi ternama lain. Satu di antaranya adalah Trio ABC bersama Abadi Soesman (keyboardis God Bless) serta penyanyi dan pencipta lagu Candra Darusman. Selain itu yang juga tak kalah populer adalah bergabungnya mendiang dengan Ireng Maulana All Stars bersama Hendra Wijaya, Benny Mustapha dan sejumlah musisi andal lainnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Benny Likumahuwa menguasai beberapa instrumen musik, seperti bass, clarinet dan saksofon yang jadi signature-nya. Musikalitas hebat yang ia miliki ternyata merupakan hasil dari belajar otodidak.

Bakat musik sepertinya juga turut andil membawa takdir Benny Likumahuwa menjadi musisi hebat. Benny merupakan kakak dari penyanyi Utha Likumahuwa, dan legacy-nya kini berlanjut di tangan putranya, bassis jazz Barry Likumahuwa. (iys)

ADVERTISEMENT