Beredar Kabar Penculikan Anak Gegerkan Warga di Luwu, Begini Kata Polisi

396
Ilustrasi foto.
ADVERTISEMENT

BELOPA — Warga di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, dibuat panik karena beredar kabar penculikan anak. Mulanya kabar tersebut beredar dalam video singkat, dua pria membawa senjata tajam mengendarai sepeda motor menghadang siswa di traffic light atau lampu pengatur lalu lintas.

Video singkat tersebut bahkan viral di jejaring sosial media. Belum diketahui pasti dimana lokasi dibalik video itu. Namun imbasnya banyak warga menduga kejadian penculikan terjadi di daerah Radda, Kecamatan Belopa.

ADVERTISEMENT

“Astagafirullah dekat dari rumah ini kejadian, tadi ada penculikan anak di depan toko mebel Radda, kakak-kakak yang punya anak tolong anaknya dijaga dan diawasi,” kata warganet pada postingannya di facebook.

Warganet lainnya menyebut bahwa orang yang diduga pelaku penculikan anak itu berjumlah empat orang dan mengendarai dua motor.

ADVERTISEMENT

Menanggapi hal itu, Kapolres Luwu, AKBP Arisandi menghimbau masyarakat tetap tenang dan jangan mudah percaya dengan video diposting di sosial media.

“Jangan mudah percaya dengan video yang diposting disosial media, ini bisa saja informasi hoax dan tidak bisa dipertanggung jawabkan,” katanya, Rabu (18/01/2023).

ADVERTISEMENT

“Terlebih lagi jika langsung membagikan postingan itu tanpa terlebih dulu mecari tahu kebenaran dari video itu. Saya harap masyarakat Luwu tetap bijak dalam mencerna dan membagikan informasi yang beredar karena hal itu tidak belum tantu terjadi di Kabupaten Luwu,” tambah Arisandi.

Kapolres Luwu juga mengatakan bahwa, tanpa mengurangi kewaspadaan, akibat yang mungkin ditimbulkan dari kesalahan penerimaan informasi yaitu keresahan dalam masyarakat dan kecurigaan yang berlebihan kepada orang asing.

Sementara Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Muh Saleh, menegaskan sejuah ini pihaknya tidak menerima laporan apapun terkait video yang beredar di sosial media.

“Tidak ada laporan terkait video yang beredar yang katanya terjadi di daerah Radda, Kecamatan Belopa, sat Reskrim Polres Luwu juga kerap berpatroli untuk mencegah adanya aksi-aksi kriminal. Baik itu percobaan penculikan yang belakangan membuat masyarakat Luwu khawatir maupun aksi-aksi kriminal lainnya,” tegasnya. (Rls/Mat)

ADVERTISEMENT