Beredar Pesan Berantai Rekaman Suara Palopo akan Dilanda Banjir Besar, Kepala BPBD: Itu Hoax

2369
Kadis PUPR Palopo, Anthonius Dengen.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Kepala BPBD Kota Palopo, Anthonius Dengen meminta masyarakat tidak percaya terhadap rekaman suara yang beredar melalui pesan berantai lewat WA dan jejaring sosial, yang menyatakan Kota Palopo akan dilanda banjir beberapa jam ke depan.

Rekaman suara yang beredar tersebut ditegaskan Anthonius Dengen adakah hoax dan tidak benar, yang berpotensi meresahkqn masyarakat.

“Itu hoax saya selaku Kepala BPBD Palopo tidak pernah mengeluarkan imbauan seperti apa.yang disampaikan dalam rekaman suara tersebut. Masyarakat jangan terprovokasi dengan berita hoax,” tegas Anthonius Dengen kepada KORAN SERUYA, Rabu malam.

Dalam rekaman berdurasi 0:52 detik itu terdengar suara seorang laki-laki. Ia mengimbau kepada masyarakat Palopo untuk waspada karena hujan keras di wilayah pegunungan. Dalam 3-4 jam ke depan akan terjadi banjir.

ADVERTISEMENT

Rekaman suara tersebut juga menyebut bahwa informasi itu berasal dari BMKG yang disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palopo, Antonius Dengen dan Basarnas Kota Palopo. Akibat rekaman yang beredar itu membuat sejumlah warga Kota Palopo panik. Apalagi, beberapa hari terakhir ini, Kota Palopo dilanda bencana banjir dan longsor.

Menurut Anthonius Dengen, ada oknum yang sengaja menyebar rekaman suara tersebut melalui pesan berantai. Oknum tersebut diduga seorang PNS, tetapi bukan PNS di BPBD Kota Palopo.

“Kami telah telusuri penyebar rekaman suara itu, diduga diedarkan oknum PNS. Entah apa maksud dan tujuannya, di tengah beberapa bencana alam terjadi di beberapa wilayah di Palopo,” katanya. (“**)

ADVERTISEMENT