Berkah Ramadan, KWT Binaan Dispernakbun Palopo Panen Sayur Organik

120
Kelompok Wanita Tani (KWT) Kampung Bogar Jaya, Kelurahan Salekoe, dan Kampung Harapan Baru, Kelurahan Pontap, Kota Palopo panen sayur perdana, Selasa (12/4/2022). (Dok. Dispertanakbun Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kelompok Wanita Tani (KWT) Kampung Bogar Jaya, Kelurahan Salekoe, dan Kampung Harapan Baru, Kelurahan Pontap, Kota Palopo panen sayur perdana, Selasa (12/4/2022).

KWT binaan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Dispernakbun) Kota Palopo ini panen dihari 10 Ramadan. Ini merupakan program Dispernakbun Palopo dalam mengembangkan pengelolaan dan pemanfaatan lahan di lingkungan untuk diberdayakan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dispernakbun Palopo, Ibnu Hasyim melalui Mardiyah Santi, Kepala BBP Wara Timur kepada Koran Seruya, Rabu (13/4/2022). Ia mengatakan, pemberdayaan KWT sebagai wujud kegiatan kawasan rumah pangan untuk pemanfaatan pekarangan yang multiguna.

Panen perdana ini merupakan hasil kerja emak-emak KWT Kampung Bogar Jaya yang berjalan selama dua bulan. Panen perdana sayuran itu merupakan hasil kerjasama KWT dan Dasawisma Kelurahan.

ADVERTISEMENT

Ibnu Hasyim mengaku konsisten melakukan pembinaan bekerjasama dengan camat beserta lurah, dan melibatkan RT/RW. Selain itu dia menyebut pembinaan yang mereka lakukan untuk memanfaatkan pekarangan dan lahan kosong untuk dikembangkan menjadi lahan yang produktif.

“Antusias ibu-ibu dalam mengelola dan memanfaatkan lahan dan pekarangan yang kurang produktif untuk diolah dan bisa dimanfaatkan sebagai area tanam sayuran,” jelasnya.

Plt Kepala Bapenda Kota Palopo ini menambahkan, Pemkot Palopo berperan melakukan pembinaan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan petani.

“Pada kegiatan pemberdayaan kelompok wanita tani di kota Palopo, untuk penguatan ketersediaan cadangan pangan, perlindungan penganekaragaman konsumsi, penyokongan pendapatan keluarga, pemeliharaan kualitas gizi keluarga,” jelasnya.

KWT Binaan Dispernakbun ini berada disetiap kelurahan se- Kota Palopo. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT