Berlangsung Lima Hari, SDN 1 Lalebbata Palopo Gelar Penilaian Akhir Semester

45
SDN 1 Lalebbata Palopo melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS). Kegiatan itu berlangsung selama lima hari dan diikuti seluruh siswa. (Foto : Dok. SDN 1 Lalebbata)
ADVERTISEMENT

PALOPO — SDN 1 Lalebbata Palopo melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS). Kegiatan itu berlangsung selama lima hari dan diikuti seluruh siswa.

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester).

ADVERTISEMENT

Dengan capaiannya, menilai kemampuan akademik siswa yang diperoleh selama 1 semester. Nurjanah, guru SDN 1 Lalebbata Palopo mengatakan Penilaian Akhir Semester Ganjil (PASG) diberikan sebagai kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama satu semester.

“Kemudian hasil PAS selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Melalui pelaksanaan ujian dapat mengukur ketercapaiaan kompetensi siswa. Yaitu kemampuan kompetensi sikap, pengetahuan, maupun kompentensi keterampilan, sebagai syarat penentuan kenaikan kelas bagi Peserta Didik,” katanya.

ADVERTISEMENT

“Dan untuk siswa yang mengikuti PAS diharap agar tetap semangat dan terus belajar agar dapat lulus pada kompetensi yang diujikan sehingga dapat naik kelas seperti harapan guru dan orang tua siswa,” sambungnya.

Nurjanah berharap, dalam pelaksanaan PAS ini tidak ada kendala yang berarti. Selain itu, siswa dapat mengikuti ujian tersebut tanpa menemukan kesulitan yang dapat membuat nilai siswa anjlok. (ayb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT