Bermagnitudo 6.7 SR, Puluhan Rumah dan 1 Tewas Akibat Gempa di Malang

71
ADVERTISEMENT

MALANG–BMKG menyatakan gempa bumi bermagnitudo 6,7 SR di Malang Jawa Timur akibat aktivitas subduksi. Hasil mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa yang mengguncang barat daya Kabupaten Malang, juga mengakibatkan sejumlah bangunan di Batu Secret Zoo Jatim Park (JTP) 2 rusak.

ADVERTISEMENT

Salah satunya yakni patung gorila yang ada di lokasi wisata tersebut.

Konstruksi patung yang terbuat dari cor setinggi 7 meter itu ambruk, akibat gempa.

ADVERTISEMENT

“Iya [benar], patung gorila pada bagian kepala hingga badannya jatuh akibat gempa,” kata Marketing and Publc Relation Jatim Park Group, Titik S Arianto, Sabtu (10/4), dikutip Koran Seruya dari CNN.

Namun, ia mengaku belum mengetahui kondis terkini bangunan runtuh di JTP 2 tersebut. Ia masih terus berkomunikasi dengan timnya di lapangan.

ADVERTISEMENT

“Kami masih terus berkomunikasi dengan tim di lapangan,” ucapnya.

Ia mengatakan sejauh ini, tak ada laporan pengunjung tempat wisatanya menjadi korban. Ia menyebut kondisi pengunjung terpantau aman.

Titik melanjutkan, selain JTP 2 sejumlah lokasi lain yang dikelola pihaknya, yakni JTP 1, Museum Angkut dan JTP 2 diketahui tak terdampak gempa.

Korban Tewas Sementara Baru Satu

Sementara itu, laporan sementara yang diterima BPBD Jawa Timur, satu orang meninggal akibat tertimpa batu besar di jalur Malang-Lumajang.

“Laporan sementara yang masuk ada 1 orang meninggal dunia karena tertimpa batu besar di jalur Malang – Lumajang,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Gatot Subroto, dikonfirmasi Sabtu sore.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang.

Pusat gempa yang berada di lepas pantai memiliki kedalaman 25 kilometer. Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Gempa ini juga dilaporkan terasa di Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang, Ngawi, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Turen, dan Banjarnegara.

(*)

 

ADVERTISEMENT