Bersama Sang Pemeran Pria, Gisel Anastasia Resmi Tersangka Kasus Video Mesum, Ternyata Tahun 2017 Waktu Lagi “Main” di Medan

750
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Polisi akhirmya menetapkan Gisel Anastasia (GA) dan pria berinisial MYD sebagai tersangka kasus video seks yang viral.

Status tersangka ditetapkan setelah polisi melakukan gelar perkara dan dua kali memeriksa Gisel sebagai saksi. “Ini hasil gelar perkara yang dilakukan kemarin, menaikkan status yang tadi saksi terhadap saudari GA, sebagai tersangka,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

ADVERTISEMENT

Gisel terbukti sebagai pemeran dalam video tersebut dari keterangan ahli hingga pengakuan pribadi.

“Hasil dari forensik memang sudah keluar kemudian pengembangan yang dilakukan tim penyidik terhadap saudari GA yang dilakukan pemeriksaan, juga ada saudara MYD, inisial, juga sudah kita periksa, kemudian juga ada pengumpulan alat bukti yang lain, termasuk bukti petunjuk keterangan saksi ahli yang ada,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya kepada wartawan di Polda Metro Jaya.

ADVERTISEMENT

Yusri mengatakan bukti lainnya yang menguatkan Gisel sebagai tersangka kasus video syur, yakni pengakuan pribadi Gisel. Selain itu, bukti dikuatkan dari ahli forensik hingga ahli IT.

“Keterangan dari saudari GA dan MYD bahwa saudari GA mengakui dikuatkan lagi oleh ahli forensik yang ada, ahli IT,” ucapnya.

Yusri menyebut Gisel dan tersangka lainnya, MYD, juga mengakui sebagai pemeran dalam video itu. Atas bukti-bukti itulah akhirnya Gisel dan MYD ditetapkan sebagai tersangka.

“Saudari GA mengakui dan MYD mengakui bahwa itu yang ada di video tersebut, yang beredar di media sosial itu adalah dirinya sendiri, dia akui itu dirinya sendiri dan terjadi sekitar tahun 2017 di salah satu hotel Medan,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, polisi menyampaikan pemeran pria di video tersebut berinisial MYD.

Pria tersebut ternyata sudah diperiksa polisi. Pengungkapan ini juga dilakukan setelah penyidik mengambil keterangan dari beberapa saksi ahli.

“Hasil dari forensik memang sudah kelar, kemudian pengembangan yang dilakukan oleh tim penyidik terhadap Saudari GA, yang dilakukan pemeriksaan juga, ada Saudara MYD inisialnya, juga sudah saya lakukan pemeriksaan,” kata Yusri Yunus.

“Kemudian ada beberapa pengumpulan alat-alat bukti yang lain, termasuk bukti bukti petunjuk, bukti-bukti dari hasil keterangan saksi ahli yang ada juga keterangan dari Saudari GA maupun Saudara MYD,” sambungnya.

Hingga saat ini belum diketahui siapa MYD. Status hukumnya saat ini juga tersangka.

Setelah beberapa bulan kasus ini berjalan, polisi baru mengumumkan pemeran pria di video itu. Hal itu membuat Adhietya Mukti merasa tersudut karena tuduhan selalu dialamatkan kepadanya.

Adhietya Mukti membuat klarifikasi lewat video setelah kabar dirinya terlibat dalam video seks mirip Gisel santer beredar. Ia mengatakan memiliki fisik yang berbeda dari sosok pria yang ada dalam video syur tersebut.

“Kesimpulannya seperti ini. Saya bukan untuk cari aman sendiri, bikin video sendiri. Saya klarifikasi buat keluarga saya, anak saya, untuk psikologi anak saya. Jadi saya tak ngambil keuntungan apa pun. Saya lebih baik seperti ini, biar kalian tahu juga. Kenapa bikin video, karena biar kalian lihat postur saya, muka saya, biar ada nantinya pakar, biar bisa melihat video ini. Jadi note-nya sebenarnya, setelah statement ini saya buat, kalau ada yang judge pelaku lawan main terduga GS, lebih baik kita ke langkah hukum atas pencemaran nama baik,” ujarnya dalam video yang di-posting pada November lalu.

(*/iys)

ADVERTISEMENT