Bertambah 3 Kasus Positif di Lutra, Komang: untuk Mencegah Penularan, Tinggallah di Rumah

429
ADVERTISEMENT

Luwu Utara–Kasus positif covid-19 di Kabupaten Luwu Utara kembali terjadi per tanggal 17 Mei 2020. Kali ini kasus positif bertambah tiga orang, masing-masing dengan inisial SO (66) berdomisili di Kecamatan Mappedeceng, IA (61) berdomisili di Kecamatan Masamba, dan IM (34) berdomisili di Kecamatan Masamba.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kasus positif I inisial SO sempat dirawat di RS Andi Djemma Masamba, dan kini dirujuk ke RS Sayang Rakyat Makassar. Kasus positif II, inisial IA juga sempat dirawat di RS Hikmah Masamba, dan kini dirujuk ke RS Dadi Makassar. Sementara kasus positif III, inisial IM kini telah dirawat di RS Dadi bersama orang tuanya. Jubir Penanganan Covid-19, Komang Krisna, mengatakan, hingga saat ini kasus konfirmasi positif berdasarkan uji PCR sebanyak 33 orang.

“Untuk mencegah penularan, saya minta masyarakat untuk berdiam diri di rumah,” kata dia. Bukan itu saja, mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan menjadi wajib untuk dilakukan, seperti rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir selama 20 detik, menjaga jarak fisik, menggunakan masker jika terpaksa ke luar rumah, dan menghindari kerumunan.

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke mana pun, termasuk untuk tidak mudik. “Tetap berada di rumah merupakan pilihan bijak untuk mengendalikan penyebaran covid-19,” ucapnya. Ia menambahkan, penambahan kasus positif terjadi karena kontak langsung antara masyarakat dengan pasien positif tanpa gejala.

ADVERTISEMENT

Sampai hari ini, 17 Mei 2020, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 191 orang. Proses pemantauan sebanyak 7 orang, selesai pemantauan sebanyak 184 orang. Sementara Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 25 orang. PDP dirawat/isolasi sebanyak 4 orang, dan yang sehat sebanyak 20 orang. Satu PDP meninggal. (LH)

ADVERTISEMENT