Besok, Pemkab Luwu Peringati Hari Bela Negara

840

BELOPA — Pemerintah Kabupaten Luwu menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara di Lapangan Upacara Pemkab Luwu, Rabu (19/12/2018) besok.

Upacara Hari Bela Negara ini digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol) Kabupaten Luwu dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional.

Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Hari Bela Negara diperingati setiap tanggal 19 Desember melalui Keppres Nomor 28 Tahun 2006. Hari Bela Negara digelar sebagai momen untuk mengenang peristiwa sejarah tanggal 19 Desember 1948.

Peristiwa itu adalah adalah serangan Belanda ke Ibukota Indonesia yang saat itu berpusat di Yogyakarta. Belanda telah melanggar perjanjian Renvile dan bermaksud menguasai Yogya yang sesuai isi perjanjian menjadi milik Indonesia.

Tak tinggal diam, tentara bersama rakyat Indonesia pun berusaha mempertahankan diri walaupun dengan jumlah dan peralatan perang kalah jauh.

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar melalui Kabag Humas dan Protokoler Luwu, Muh. Ansir Ismu, menyatakan bahwa peringatan Hari Bela Negara ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesadaran Nasional.

Harapannya, agar setiap warga negara khususnya aparat pemerintah Kabupaten Luwu mampu mengaktualisasikan perannya dalam pemerintahan sebagai kekuatan bangsa. (ama)