Besok Peringatan Walmas Berdarah, Mahasiswa Longmarch dari Karetan ke Batusitanduk

10439

BELOPA — Aliansi Format Luteng bakal menggelar aksi damai di Batusitanduk, besok, Senin (12/11) pagi. Aksi tersebut dilakukan untuk memperingati tragedi Walmas Berdarah yang terjadi 2013 silam. Dalam aksi tersebut, mereka akan kumpul di Karetan kemudian berjalan kaki menuju ke Batusitanduk, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu. Diperkirakan, ada ratusan massa yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat ikut dalam aksi tersebut.

“Di Batusitanduk kami akan melakukan mimbar bebas. Disitu peserta aksi dapat berorasi untuk mengenang peristiwa Walmas berdarah 2013 lalu,” ujar Jenderal Lapangan, Haikal, Minggu (11/11) sore.

Selain itu, peserta juga akan berziarah ke makam Chandra, warga yang menjadi korban dalam tragedi berdarah itu. “Malamnya kami akan melakukan pemutaran film dokumenter perjuangan pembentukan Luwu Tengah,” pungkasnya. Diketahui, pada November 2013 silam, ribuan warga Walmas dan warga menggelar unjukrasa menuntut pemekaran.

Warga sempat memblokade poros trans Sulawesi selama dua hari. Akibat aksi tersebut, petugas keamanan bertindak tegas dan menembak warga yang menggelar unjukrasa. Akibatnya, satu warga meninggal dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. (liq)