Bhayangkari Lutim Bagikan 100 Akta Kelahiran

553

LUTIM – Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-66 tahun 2018, Pengurus Bhayangkari Cabang Luwu Timur bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Luwu Timur membagikan 100 akta kelahiran kepada orang tua anak, kegiatan ini bertempat di Kantor Disdukcapil Kabupaten Luwu Timur, Senin (17/09/2018).

Penyerahan akta kelahiran kepada orang tua anak tersebut dilakukan oleh Ketua Bhayangkari Cabang Luwu Timur Chicha Leonardo beserta pengurus Bhayangkari Cabang Luwu Timur. Kegiatan itu juga dihadiri Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Luwu Timur, Oksen Bija.

“Semoga nantinya kerjasama ini bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga Kabupaten Luwu Timur,” ujar Chicha Leonardo.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Luwu Timur, Oksen Bija, menyatakan, akta kelahiran adalah bukti sah mengenai status dan peristiwa kelahiran seorang bayi. Bukti yang dimaksud dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat lainnya.

“Dewasa ini, akta kelahiran memiliki manfaat yang sangat penting bagi masyarakat sebagai salah satu syarat untuk mengurus berbagai administrasi, seperti KTP, keperluan sekolah, paspor, hak ahli waris, asuransi, tunjangan keluarga, pensiun dan sebagainya,” tegas Oksen. (ikp/kominfo/liq)