Biasakan Siswa Sholat Berjamaah di Masjid, SMPN 5 Palopo Rutin Laksanakan Sholat Dhuha

79
SMPN 5 Palopo miliki program yang dimaksudkan untuk membekali akhlak serta membiasakan siswa melaksanakan kegiatan keagamaan. Salah satunya melalui rutin melakukan Sholat Dhuha berjamaah. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — SMPN 5 Palopo miliki program yang dimaksudkan untuk membekali akhlak serta membiasakan siswa melaksanakan kegiatan keagamaan. Salah satunya melalui rutin melakukan Sholat Dhuha berjamaah. Kegiatan itu dilaksanaan setiap hari di mushola sekolah.

Demikian diungkapkan Kepala SMPN 5 Palopo, Waqiran, kepada Koran SeruYA Kamis (8/9/2022). “Alhamdulillah aktivitas sholat dhuha berjamaah ini sudah menjadi salah satu kegiatan pembiasaan yang rutin dilaksanakan di sekolah kami,” ujar Waqiran saat ditemui di ruangannya.

ADVERTISEMENT

Dijelaskan, kegiatan dilangsukan setiap hari selama 15 menit sebelum dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Para siswa melakukan sholat dhuha secara bergilir, bergantian antar kelas karena keterbatasan luas mushola.

Waqiran menyebutkan, kegiatan pembiasaan tersebut sekaligus menjadi salah satu langkah preventif untuk membiasakan para siswa dalam melaksanakan ibadah sehari-hari.

ADVERTISEMENT

“Tentu tujuannya adalah untuk perbaikan akhlak anak-anak. Dengan kebiasaan sholat berjamaah, harapannya ketika di rumah juga anak-anak mulai terbiasa untuk melaksanakan,” katanya.

Tak hanya sholat dhuha, kegiatan keagamaan lainnya juga rutin dilakukan oleh para siswa di SMPN 5 Palopo

“Setiap Dzuhur siswa juga akan melaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah. Setiap adzan, kami akan sejenak menghentikan semua kegiatan,” tuturnya.

Ditanyakan pelaksanaan persiapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Waqiran menjelaskan sebanyak 45 siswa kelas VIII dan 5 cadangan dipersiapkan.

“Mereka dipilih secara acak oleh pusat. Untuk pelaksanaan gladi bersih di mulai tanggal 12 hingga 13 September 2022. Tujuan untuk pemetaan mutu pendidikan. Dan hasilnya nanti akan dijadikan laporan mutu pendidikan,” katanya.

“Dengan model AKM adalah literasi, numerasi dan survey karakter untuk siswa. Olehnya pelaksanaan secara serentak AKM kami mengambil keputusan dewan guru tanggal 19 hingga 20,” pungkasnya. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT