Bikin Panik, Ular Piton 5 Meter Masuk ke Rumah Warga di Balandai Palopo

994
Ular Piton yang dievakuasi Damkar Palopo. (Foto : Haswan Hasanuddin)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Palopo berhasil mengamankan seekor ular piton berukuran besar yang masuk rumah warga di Kelurahan Balandai, RT 4 RW 01, Kecamatan Bara, Senin (21/3/2022) malam.

Ular yang masuk ke rumah milik Andini Farina. Kejadian itu sempat membuat panik warga sekitar. Andini pun langsung melaporkan kejadian itu ke pihak Damkar Palopo. Dia khawatir ular tersebut akan mencelakai warga.

ADVERTISEMENT

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Palopo, Andi Muzakkir melalui Kepala Seksi Evakuasi dan Penyelamatan Muhammad Nur Tandiwajang, mengatakan sekira pukul 19.23 pihaknya menerima laporan dari Andini Farina, mendengar kabar tersebut Damkar Palopo langsung mengerahkan personilnya menuju lokasi kejadian.

“Kami menerima laporan dari Warga Sekira Pukul 19.23. Mendengar kabar tersebut kami langsung menggerakkan unit penyelamatan dan unit Rescue untuk melakukan evakuasi, dimana ular piton ini berukuran kurang lebih 5 meter,” terangnya.

Dikatakan Tandiwajang ular tersebut tidak hanya mengancam nyawa manusia tetapi juga mengancam ternak warga sehingga pihaknya mengamankan ular tersebut ke Kator Damkar. Ular itu nantinya akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) SulSel.

“Proses evakuasi berlangsung selama kurang lebih setengah jam dan diperkirakan ular ini mengancam ternak warga serta menimbulkan kekhawatiran. Alhamdulillah kami berhasil mengamankan ular ini, selanjutnya ular ini akan kami serahkan ke BKSDA SulSel,” katanya.

Tandiwajang, mengimbau kepada masyarakat Kota Palopo apabila menemukan hewan atau binatang buas yang mengancam keselamatan manusia maupun hewan ternak agar segera menghubung Damkar Palopo melalui nomor 085 341 341 565.

“Kami imbau kepada masyarakat Palopo, apabila menemukan hewan atau binatang buas, yang bisa mengancam warga maupun hewan ternak kami harap agar segera dilaporkan ke Damkar Palopo bisa melalui watshaap dan telepon, kami siap melayani 1 kali 24 jam,” pungkasanya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT