Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemkab dan DPRD Gandeng LPPM Unhas

21
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan DPRD bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah Dalam Rangka Peningkatan Kapasitasi Tim Anggaran, yang berlangsung di Hotel Four Points By Sheraton Makassar, pekan lalu.

Tujuan diadakannya bimtek ini untuk memperlancar proses-proses penyusunan anggaran sehingga tidak banyak lagi masalah yang ditemukan kedepannya. Bimtek ini berlangsung selama 4 hari dari tanggal 30 November s/d 3 Desember 2022.

ADVERTISEMENT

Bimbingan Teknis kali ini dilaksanakan untuk memadukan dua institusi untuk menyamakan persepsi mulai dari proses perencanaan dan penganggaran sampai kepada mekanisme dan penerapan tata tertib yang dijalankan oleh pihak legeslatif maupun eksekutif.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam arahannya menjelaskan, untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas kita masing-masing, mulai dari perencanaan, penganggaran sampai kepada mekanisme legislasi yang diajukan oleh pihak DPRD untuk kita satu persepsi sehingga berdampak kepada outcome yang efektif dan efisien.

ADVERTISEMENT

“Mari kita jaga, dan apa yang sudah tercapai tahun ini persoalan anggaran tidak lepas dari pengambilan keputusan antara pemerintah daerah dengan DPRD ialah satu kesatuan,” bebernya. “Dan terima kasih kepada DPRD atas kerja samanya dari perubahan, Pokok, sampai dengan penetapan mulai tahun 2021 sampai tahun 2022 semua berjalan sesuai dengan yang diinginkan, semuanya tidak lepas dari kolaborasi yang baik,” ungkap Bupati.

Bupati Budiman juga melaporkan bahwa, di dalam APBD 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur mendukung upaya Unhas dalam rangka dana abadi pendidikan dan Pemerintah daerah akan menyiapkan dana sebesar Rp. 1 Miliar nantinya. Dalam Bimtek ini, tidak lupa H. Budiman juga memaparkan kebijakan pembangunan daerah dan menyampaikan program-program prioritas yang sudah berjalan pada APBD di Tahun 2022 ini. (rls/roy)

ADVERTISEMENT

 

ADVERTISEMENT