BKAD Bansel Luwu Utara Latih Pengurus Bumdes

55
Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Baebunta Selatan, menggelar Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Sabtu (18/12/22). (Foto : Bayu Segara)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Baebunta Selatan, menggelar Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Sabtu (18/12/22). Kegiatan itu berlsngusng di Warkop Daeng Azis Masamba.

Kegiatan tersebut terlaksana berdasarkan Peraturan pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang Bumdes.

ADVERTISEMENT

Muh Alfian Nur Salahsatu Inisiator Pelatihan itu mengatakan tujuan Pelatihan tersebut dilaksanakan agar para pengurus Bumdes cakap dalam mengelola dan mengatur Badan Usaha Milik Desa ini. Selain itu, mampu menganalisa berbagai potensi yang ada di Desa sehingga potensi yang ada di Desa dapat dikelola agar menjadi pendapatan asli Desa atau PAD.

“Kita berharap melalui pelatihan ini teman-teman pengurus Bumdes Mampu mengelola bumdes secara profesional dan bertanggung jawab terhadap perkembangan ekonomi yang ada di desa,” ungkap Pian yang juga berprofesi sebagai Pendamping Desa Baebunta Selatan.

ADVERTISEMENT

Selain itu Pian juga menyebutkan bahwa salah satu yang berpengaruh atas kesejahteraan Desa adalah Bumdes.

“Jika Bumdes dikelola dengan baik, maka melahirkan desa yang sejahtera dan mandiri karena bumdes ini adalah penopang ekonomi di desa,” pungkasnya.

ADVERTISEMENT

Pelatihan tersebut di ikuti enam Desa dari 10 desa yang ada di kecamatan Baebunta, dan setiap Desa diwakili masing-masing pengurus Bumdes, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara. (byu)

ADVERTISEMENT