BMKG: Waspada!!! Luwu Utara dan Luwu Timur Masuk Status Siaga Bencana, Berikut Sejumlah Kecamatan Diprediksi Terdampak

7195
ADVERTISEMENT

Malili – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat  yang dimungkinkan terjadinya banjir bandang di 23 wilayah di Indonesia.

Berdasarkan informasi resmi dari BMKG melalui laman resminya https://signature.bmkg.go.id dari 23 wilayah berpotensi terjadinya hujan lebat. Sebanyak 5 wilayah dalam status siaga yakni Aceh, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

ADVERTISEMENT

Sementara untuk wilayah Sulawesi Selatan yang masuk dalam status siaga yakni Kabupaten Luwu Utara meliputi sejumlah wilayah diataranya Seko, Rampi, Tana Lili, Bone-Bone, Sukamaju, Malangke, Mappideceng, Baebunta, Sabbang, Masamba dan Limbong.

Sedangkan wilayah Kabupaten Luwu Timur meliputi Burau, Tomoni dan Mangkutana. Dua kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan itu masuk dalam status siaga.

ADVERTISEMENT

Sehingga BMKG menghimbau masyarakat untuk melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya hujan lebat di sejumlah wilayah dimaksud agar berhati-hati jika beraktifitas diluar rumah, memperbaharui informasi melalui media massa maupun media sosial.

“Tidak beraktifitas di luar rumah jika tidak mendesak, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan, mengamankan dokumen-dokumen penting, mengondisikan barang-barang agar aman dari bencana, menghemat penggunaan air bersih/ minum, listrik, gas, mematikan peralatan elektronik, tidak menggunakan alat transportasi darat jika tidak mendesak,” tulis BMKG melalui website resminya.

BMKG merilis peringatan ini mulai berlaku Rabu, 5 Mei 2021 pukul 07.00 wib s/d 6 Mei 2021 pukul 07.00 dan bisa terjadi hingga 7 Mei 2021 mendatang.

Berikut potensi dampak hujan lebat dan dampak Banjir/Bandang yang dapat terjadi di wilayah sebagai berikut :

1. *Aceh (siaga)*
2. *Kep. Bangka Belitung (siaga)*
3. *Kalimantan Barat (siaga)*
4. *Sulawesi Selatan (siaga)*
5. *Sulawesi Tenggara (siaga)*
6. Sumatera Utara (waspada)
7. Sumatera Barat (waspada)
8. Kep Riau (waspada)
9. Jambi (waspada)
10. Bengkulu (waspada)
11. Sumatera Selatan (waspada)
12. Lampung (waspada)
13. Jawa Barat (waspada)
14. Kalimantan Utara (waspada)
15. Kalimantan Timur (waspada)
16. Kalimantan Tengah (waspada)
17. Kalimantan Selatan (waspada)
18. Sulawesi Utara (waspada)
19. Gorontalo (waspada)
20. Sulawesi Tengah(waspada)
21. Sulawesi Barat (waspada)
22. Maluku (waspada)
23. Papua (waspada)

Detail informasi Prakiraan Berbasis Dampak BMKG tersebut dapat diakses melalui link berikut; https://signature.bmkg.go.id

BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, melalui:
– call center 021-6546315/18;
– http://www.bmkg.go.id;
– follow @infobmkg;

Prakirawan, BMKG Jakarta
Dibuat tanggal 4 Mei 2021.

(Rah)

ADVERTISEMENT