BNN Kota Palopo Bersinergi Pemkot Palopo Peringati Hari Anti Narkotika Internasional 2024

38
ADVERTISEMENT

PALOPO— Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2024 (HANI) oleh BNN Kota Palopo dilaksanakan secara virtual di Aula Ratona, Kantor Walikota Palopo. Peringatan HANI pada tahun ini mengusung tema masyarakat bersama, bersama melawan narkoba, mewujudkan Indonesia bersinar.Dimana Peringatan HANI ini diadakan serentak oleh BNN se Indonesia dipusatkan di Provinsi Riau yang disaksikan secara virtual,Rabu(26/06/2024).

Kegiatan Peringatan HANI oleh BNN Kota Palopo ini juga dirangkaikan dengan lounching kelurahan bersinar bersih narkoba yaitu kelurahan Luminda dan kelurahan Amassangan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan , dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada PJ.Walikota Palopo atas Kontribusi beliau dalam upaya P4GN di Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Dimana Kelurahan Bersinar ini adalah
upaya BNN Kota Palopo dan Pemkot Palopo dalam upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat guna mengurangi angka penyalahgunaan narkoba sekaligus menjadikan kelurahan sebagai garda terdepan dalam upaya P4GN.

Hadir dalam kegiatan ini Walikota Palopo yang diwakili oleh Sekda Kota Palopo, Firmanzah , Kepala BNN Palopo, AKBP Herman serta jajaran forkopimda dan seluruh OPD sekota Palopo.

ADVERTISEMENT

Kepala BNN Kota Palopo, AKBP Herman menyampaikan diperlukan kerja sama dan dukungan dari semua pihak untuk memberantas persoalan narkoba ini.

“Masalah narkoba adalah masalah kita bersama. BNN bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka pencegahan, seperti pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan apabila tidak diwaspadai, maka akan merusak sumber daya manusia Indonesia yang tentunya sangat merugikan pembangunan karakter bangsa.

“Salah satu stretegi utama BNN Kota Palopo dalam memberantas narkoba yaitu, membangun kelurahan bersinar yaitu bersih narkoba yang telah ditetapkan pada tahun 2024,” tandasnya.

Menurut Herman untuk kasus narkoba di Kota Palopo pada pertengahan tahun 2024 ini sudah mencapai 60 orang . Dimana data kasus narkoba ini sudah ada laporan dari pihak Polres Kota Palopo.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Palopo berkomitmen untuk terus berupaya dalam mencegah dan memberantas narkoba.

“Saat ini, peredaran narkoba telah menjadi bahaya tersembunyi yang harus menjadi musuh bersama, dan sekaligus harus ditangkal bersama sehingga pergerakannya semakin dipersempit,” kata Firmanza DP.

Menurut Firmanza ,ruang lingkup kerja dan batasan personel BNN Palopo dan pihak berwajib lainnya menjadi dasar pemerintah untuk ikut serta berperan aktif dalam melakukan upaya pencegahan penularan narkoba.

“Mari terus peduli dan juga andil dalam menyukseskan upaya pencegahan peredaran narkoba di Kota Palopo, sesuai dengan kapasitas masing-masing,” katanya.

Diakhir rangkaian kegiatan ini, para OPD Kota Palopo bersama dengan BNN Kota Palopo menandatangani komitmen bersama untuk bersama mewujudkan Kota Palopo bersih dari narkoba dan pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan BNN Kota Palopo. (Alfian)

 

ADVERTISEMENT