Bocah 6 Tahun di Makassar Sumbang Seluruh Tabungannya Untuk Pengadaan APD

170
Yasmin Saman Ahmad bersama sang ibu usai menyerahkan celengannya

MAKASSAR-Jumat (3/4/2020) kemarin, Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, yang kini menjadi Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulawesi Selatan (Sulsel), disambangi oleh anak yang masih berusia 6 tahun.

Anak bernama Yasmin Saman Ahmad itu, datang bersama sang ibu, Mardiana. Ditangannya, sebuah celengan berwarna kuning.

Dia secara sukarela menyerahkan tabungan milinya itu, untuk disumbangkan dalam pengadaan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis yang saat ini kekurangan di berbagai Puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Penyerahan sumbangan tersebut, berupa pecahan recehan senilai Rp448.800 ribu setelah celengan berbentuk ikan itu dibuka dan langsung diserahkan ke Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulsel, Sekertariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, jalan Toddopuli VII no or 23 A.

Yasmin mengatakan, sumbangan ini diserahkan secara ikhlas untuk membantu tim medis yang bekerja sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Selain itu, sebagai tambahan membeli APD bagi tenaga paramedis.

“Untuk bantu belikan kakak dokter dan perawat baju (APD) di puskesmas dan rumah sakit. Tetap semangat kakak dokter,” ucap dia didampingi ibunya Mardiana Rusli di Posko JPK, Makasar, Jumat.

Mardiana menambahkan, keinginan Yasmin merelakan celengan itu atas inisiatifnya sendiri dan hatinya tergerak melihat kondisi tenaga medis yang kekurangan APD.

“Memang Yasmin kami didik sejak umur dua tahun menabung, hasil tabungan itu diperuntukkan untuk bantuan sosial. Setiap dua tahun celengan dibuka berapapun isinya disumbangkan yang berhubungan dengan kemanusiaan, ” beber mantan Ketua AJI Makassar itu.

Komisioner KPU Sulsel priode 2014-2019 ini berharap kepada pemerintah untuk bergerak cepat menangani penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat serta mengkonsolidasikan gerakan bersama untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

“Pemerintah harus konsoldasi dengan masyarakat, bergerak secara kemanusiaan. Akan sia-sia langkah antisipasi penyebaran virus dari kita sendiri kalau mampu mengelola emosi dan ego kita masing-masing. Ikuti imbauan pemerintah, kita harus tetap di rumah dan utamanya menjaga kebersihan,” papar Ana Rusli.

Koordinator Jaringan Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulsel, Darwin Fatir, seusai menerima sumbangan tersebut menuturkan, apa yang dilakukan Yasmin adalah bentuk respon cepat terhadap kondisi yang dihadapi Indonesia saat melawan korona.

“Patut mendapat apresiasi, Yasmin di usia masih sangat muda ini sudah peduli akan kemanusiaan. Kami sangat salut dan bangga serta berterima kasih atas sumbangan yang diberikan,” ucapnya.

Mengenai dengan perkembangan terakhir jumlah donasi yang terkumpul sejak dibuka Selasa (31/3/2020) hingga Jumat (3/4/2020) sebanyak Rp8.986.800 juta. Dana tersebut berasal dari kalangan jurnalis maupun pribadi dari jaringan jurnalis.

“Kami sudah memesa item APD (jubah, kos tangan dan masker) sebanyak 33 pcs, senilai Rp5,2 juta rupiah yang sementara ini di kirim ke Makassar. Rencana akan didistribusikan setelah barang tersebut tiba di Makassar,” papar pewarta Kantor Berita Antara itu.

Darwin menyatakan JPK Sulsel akan terus membuka donasi kepada publik, sebagai bentuk kepedulian membatu tim medis dalam percepatan penanganan COVID-19. Sedangkan untuk target pengadaan APD sebanyak 1.000 pcs sebagai langkah awal.

Pembentukan JPK ini melibatkan lintas organisasi media yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Indepanden (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulsel dan Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, dan Perwarta Foto Makassar.

Untuk posko JPK Sulsel di pusatkan di Sekretariat AJI Makassar jalan Toddopuli VII nomor 23 A Makassar. Sedangkan untuk donasi melalui rekening BNI Makassar, an. M Darwin F di nomor rekening 584667615. Sekecil apapun bantuan Anda, tentu akan sangat bermanfaat bagi para tenaga medis. (rls/Sya)