BPBD Palopo Catat 5 Kasus Pohon Tumbang, 1 Timpa Rumah Warga

48
ADVERTISEMENT

PALOPO – Hujan deras disertai petir dan angin kencang terjadi wilayah Kota Palopo dalam beberapa hari terakhir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, hingga saat ini mencatat ada 5 kejadian pohon tumbang, dimana satu diantaranya menimpa rumah warga.

ADVERTISEMENT

Kejadian itu terjadi di Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Tidak hanya pohon tumbang, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat itu juga mengakibatkan air tergenang di beberapa titik jalan. Itu akibat, saluran drainase yang tersumbat.

BPBD juga telah menerima laporan dari wilayah Kelurahan Temmalebba, telah terjadi tanah longsor.

Wilayah tersebut awalnya kering dan berongga akibat aktivitas penebangan pohon yang dilakukan oleh warga.

Saat hujan turun, beberapa rumah penduduk terdampak oleh longsoran tersebut. Demikian dikatakan, Kepala Pelaksana BPBD Kota Palopo, Burhan Nurdin kepada awak media, Rabu 18 Oktober 2023.

Dia mengatakan, pihaknya tetap waspada untuk mengantisipasi dampak dari musim kemarau. Hal ini dikarenakan di beberapa daerah, musim kemarau masih berlanjut.

“Hanya Kota Palopo yang mendapatkan hujan pada malam hari,” katanya.

“Dari laporan yang diterima oleh BPBD Kota Palopo dari BMKG, hujan yang turun akan disertai dengan angin kencang seperti beberapa hari sebelumnya,” tambahnya.

Burhan mengimbau masyarakat agar terus waspada di tengah cuaca yang tidak menentu. Masyarakat juga diminta untuk menghindari melakukan pembakaran lahan dan sampah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal buruk.

ADVERTISEMENT