Budiman Apresiasi Atraksi Budaya di Mangkutana

107
ADVERTISEMENT

MANGKUTANA — Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty mengapresiasi kegiatan Road Show Kebudayaan Tahun 2023 hari kedua yang diselenggarakan di Lapangan Kecamatan Mangkutana, Selasa (08/08/2023). Dalam sambutannya, Bupati Lutim, H. Budiman mengatakan bahwa, pemerintah daerah Lutim sangat mengapresiasi kepada seluruh yang menginisiasi kegiatan road show kebudayaan sehingga berlangsung dengan baik.

“Dihari kedua ini kita laksanakan di Kecamatan Mangkutana, dan alhamdulillah ada beberapa pertunjukkan yang selama ini jarang kita lihat, maka berbanggalah dengan apa yang kita lihat hari ini,” kata Budiman. Lebih lanjut Budiman menjelaskan bahwa, di tahun 2022 telah ditetapkan 4 (empat) lokasi cagar budaya yakni; Makam Mokole Rahampu’u di Matano Nuha, Pulau Empat di Matano Nuha, Bangkai Kapal Jepang di Sungai Malili dan Gua Andomo di Molindoe.

ADVERTISEMENT

“Insya allah kedepan kita akan tetapkan yang lain dan mudah-mudahan ini masyarakat bisa mendukung, sehingga Kabupaten Luwu Timur dengan visi Luwu Timur berkelanjutan dan lebih maju berlandas nilai agama dan budaya bisa kita hubungkan secara bersama-sama,” ucap Budiman. Terakhir, Bupati Lutim mengucapkan terima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat, adat, sangar seni atas partisipasi dalam road show kebudayaan.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa kita lanjutkan dan kita rapikan, perbaiki, sehingga ini bisa kita jadikan sebuah event yang besar untuk menjadi tontonan, hiburan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Luwu Timur,” harap Budiman. Road Show Kebudayaan ini ditutup dengan Devile Budaya, atraksi kuda lumping, pencak silat, tari Torompio dari UPTD SMP 2 Mangkutana, tari penampis padi, tari moriringgo, tarian Pajaga dan tari pa’gellu.

ADVERTISEMENT

Turut dihadiri, Unsur Forkopimda Lutim, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Lutim, Ketua DWP lutim, Masrah Bahri Suli, Camat Mangkutana beserta Ketua TP PKK Kecamatan Mangkutana, Kepala Desa se-Kecamatan Mangkutana, TP PKK Kabupaten, Tokoh Adat, Agama, Pemuda, Budaya, Perempuan, Tokoh Masyarakat, Para Kepala Sekolah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Provinsi Sulawesi Selatan, serta Para Kepala Sekolah dan masyarakat Kecamatan Mangkutana. (*)

ADVERTISEMENT