Budiman Jadi Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lutim

    21
    ADVERTISEMENT

    MALILI — Bupati Luwu Timur, H. Budiman menjadi inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” tingkat Kabupaten Lutim di lapangan Merdeka, Malili, Jumat (28/10/2022). Peringatan Sumpah Pemuda diikuti oleh seluruh unsur Forkopimda Lutim, Anggota DPRD Lutim, jajaran TNI dan Polri, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Asisten dan Staf Ahli, Ormas, ASN, Pimpinan OPD Pemkab Luwu Timur, Camat se Kabupaten Lutim, Satpol PP serta pelajar SMP.

    Pada kesempatan ini, Bupati Lutim, H. Budiman membacakan sambutan seragam Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali. “Peringatan Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” kata Budiman.

    ADVERTISEMENT

    H. Budiman mengatakan, tema peringatan hari Sumpah Pemuda memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

    “Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” jelas Budiman.

    ADVERTISEMENT

    Orang nomor satu di Bumi Batara Guru tersebut juga mengatakan, pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang serta menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia. Pemuda bukan hanya pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

    Oleh karena itu, melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan baik pada level nasional maupun pada level internasional. “Kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,” ucap Budiman.

    Terakhir, Budiman mengatakan bahwa momentum peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-94 sebagai momentum untuk meningkatkan semangat bersama membangun bangsa. (rls)

    ADVERTISEMENT