Budiman Lepas Calon Jamaah Haji Luwu Timur Kloter 41

35
ADVERTISEMENT

LUTIM — Bupati Luwu Timur, H. Budiman secara resmi melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji Tahun 2023/1444 Hijriah Kabupaten Luwu Timur (Kloter 41) sekaligus menutup pelaksanaan Manasik Haji yang bertempat di Aula Al Ikhlas Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Luwu Timur, Minggu (11/06/2023).

Turut hadir, Kepala Kemenag Luwu Timur, H. Misbah, Perwakilan Bagian Kesra Setda Lutim, Abdul Asis, Plt. Kepala Seksi Penyelenggara Haji & Umrah, H. M. Yunus, Perwakilan Bank Syariah Indonesia (BSI) Tomoni, Perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan KUA kecamatan dan para Calon Jamaah Haji (CJH) Luwu Timur Tahun 1443 H/2022 M (Kloter 41) bersama keluarga.

ADVERTISEMENT

Bupati Budiman menyampaikan rasa syukur serta ucapan selamat menunaikan ibadah haji kepada para CJH Kloter 41 dari Kabupaten Luwu Timur yang telah lama menanti kesempatan untuk memenuhi panggilan ke Baitullah. Ia juga meminta kepada semua pihak yang terkait telah memastikan kebutuhan-kebutuhan para calon jamaah haji telah terpenuhi mulai dari transportasi dan penginapan nantinya.

“Perlu saya ingatkan kepada kita semua bahwasanya keberangkatan bapak ibu ke Baitullah adalah juga sebagai tamu mewakili Negara Indonesia, Prov. Sulsel dan Kab. Luwu Timur. Olehnya itu, saat bapak ibu berada di tempat-tempat mustajab nantinya, saya menitipkan doa untuk Bumi Batara Guru agar semoga dihindarkan dari bala bencana, dimakmurkan masyarakatnya serta senantiasa diberikan hidayah,” pesannya.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya, Beliau menghimbau kepada para CJH Kloter 41 untuk selalu mengikuti arahan ketua rombongan, ketua kloter dan petugas yang mendampingi jamaah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama beribadah haji. Selain itu, saling menjaga satu sama lainnya dan senantiasa saling mengingatkan dalam menjaga kesopanan dan aturan yang berlaku disana.

“Kami mendoakan semoga bapak ibu menjadi haji mabrur dan sehat walafiat selalu saat beribadah haji hingga kembali ke Luwu Timur dengan kondisi yang sama. Insha Allah setelah kepulangan bapak ibu dari baitullah nantinya akan memberikan lebih banyak kebaikan-kebaikan untuk Luwu Timur dan menjadi inspirasi bagi umat muslim yang lainnya untuk ikut beribadah haji di masa yang akan datang,” tutup Budiman.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan informasi dari Kepala Kementrian Agama Luwu Timur, H. Misbah bahwa, pada Tahun 2023/1444 H, CJH Kab. Luwu Timur yang tergabung dalam Kloter 41 Embarkasi/Debarkasi Makassar (UPG) berjumlah 393 orang yang terdiri dari Tenaga Kesehatan, Pembimbing, Ketua Kloter, CJH Luwu Timur 24 Jamaah, CJH Bantaeng 202 Jamaah dan CJH Bulukumba 162 Jamaah.

Jamaah Tertua atas nama Dahlia Binti Supu, Usia 78 Tahun. Beralamat di Dusun Konronio, Desa Lamaeto, Kec. Angkona. Dan Jamaah Termuda atas nama Rusna Binti H. Arifin, Usia 40 Tahun beralamat di Dusun Wulasi, Desa Manurung, Kec. Malili. Dijadwalkan pada Tanggal 19 Juni 2023 Pukul 15.00 WITA penerimaan CJH Kloter 41 Luwu Timur di Asrama Haji Sudiang Embarkasi Makassar (UPG).

Tanggal 20 Juni 2023 Pukul 16.40 WITA CJH Kloter 41 berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Pangeran Mohammad bin Abdulaziz Madinah dengan nomor penerbangan GIA 1139 selama kurang lebih 12 jam perjalanan. Jadwal Kepulangan CJH Kloter 41 dari Tanah Suci melalui Bandara Pangeran Mohammad bin Abdulaziz Madinah Nomor Penerbangan : GIA 1239 pada tanggal 31 Juli 2023 Pukul 23.50 Waktu Arab Saudi (WAS) dan tiba di Debarkasi (Asrama Haji Sudiang) Makassar, Tanggal 01 Agustus 2023 Pukul 18.35 WITA. (rls)

ADVERTISEMENT