Budiman: Rakor Kelitbangan Dorong Akselerasi Pembangunan Daerah

38
Bupati Lutim, H. Budiman menyampaikan sambutan saat membuka Rakor Kelitbangan Lutim, bertempat di Hotel Kenari Makassar, Selasa (17/05/2022). Bupati Budiman didampingi Sekda Lutim, H. Bahri Suli.
ADVERTISEMENT

MALILI–Rapat Koordinasi (Rakor) Kelitbangan salah satu aspek strategis dalam dalam mendukung peningkatan akselerasi pembangunan di era otonomi daerah saat ini. Sehingga Pemkab Luwu Timur (Lutim) mengadakan rakor tersebut.

Demikian disampaikan Bupati Lutim, H. Budiman saat membuka Rakor Kelitbangan Lutim, bertempat di Hotel Kenari Makassar, Selasa (17/05/2022). Bupati Budiman didampingi Sekda Lutim, H. Bahri Suli.

“Untuk mendukung akselerasi pembangunan perlu ada penetapan kebijakan oleh pemerintah daerah yang harus dilakukan secara cermat, akurat dan sesuai dengan azas-azas good governance. Sementara itu perumusan kebijakan yang baik adalah yang didasarkan pada riset/kajian atau studi tentang kondisi dan potensi lokal,” ujar Budiman.

Menurut Budiman, evaluasi kebijakan yang selanjutnya disebut kelitbangan utama adalah kegiatan ilmiah yang bertujuan menghasilkan pemahaman atau cara baru dan mengembangkan penerapan praktisnya dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi lingkup penyelenggaraan pemerintahan dalam negeri.

ADVERTISEMENT

“Kelitbangan utama dapat menjadi dasar terciptanya inovasi dalam rangka mendukung kinerja penyelenggaraan pemerintahan. Dalam pelaksanaan kegiatan kelitbangan pemerintah daerah juga harus mempertimbangkan masukan dan pandangan yang diberikan oleh Majelis Pertimbangan Kelitbangan,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, Rakor Kelitbangan ini dalam pelaksanaannya melibatkan segenap komponen Litbang karena merupakan forum strategis dalam rangka mensinkronisasikan program penelitian kedepan. “Agar terkoordinasi dengan baik dan tidak tumpang tindih serta dapat diterapkan secara nyata untuk kepentingan berbagai pihak dan masyarakat luas,” tandasnya.

Menyinggung tentang Indeks Inovasi Daerah, Kabupaten Luwu Timur yang berada pada kategori Kabupaten Kurang Inovatif, orang nomor satu di Bumi Batar Guru ini berharap dalam Rakor Kelitbangan ini akan merumuskan program-program penelitian, pengembangan dan Inovasi daerah.

“Besar harapan saya kiranya dalam Rakor Kelitbangan kali ini, Majelis Pertimbangan bersama OPD dapat merumuskan program-program penelitian, pengembangan dan Inovasi serta memberikan rekomendasi yang konkret terhadap permasalahan permasalahan yang ada,” tutupnya.

Hadir para Rakor ini, Para Asisten, Staf Ahli, Kabag dan para kepala OPD lingkup Pemkab. Lutim, Kepala Badan Pusat Statistik Lutim, Tim Majelis Pertimbangan Kelitbangan, serta Perwakilan PT. Vale Indonesia Tbk. (kominfo-sp)

ADVERTISEMENT