Buka Latsar CPNS Formasi 2019, Basmin Titip Tiga Pesan Ini

100
ADVERTISEMENT

BELOPA – Sebanyak 179 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS di Aula Bappeda Kabupaten Luwu, Senin (15/3/2021).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu menggandeng BKPSDM Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini, dibuka oleh Bupati Luwu, Basmin Mattayang.

ADVERTISEMENT

Pelaksaan Latsar CPNS Kabupaten Luwu untuk tahun ini, menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) yang sangat ketat. Selain itu, pelatihan ini juga dilaksanakan secara virtual.

Dimana panitia membatasi peserta yang mengikuti pelatihan tatap muka. Para peserta dibagi dalam lima gelombang, setiap gelombang terdiri dari 36 peserta.

ADVERTISEMENT

Sekertaris BKPSDM Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin yang diwakili oleh St. Hidaya Made, mengatakan jika tujuan pelaksanaan Latsar ini, untuk membangun integritas dan moral para CPNS.

“Serta kejujuran, semangat, motivasi, nasinalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, memperkuat profesinalisme serta kompetesnsi bidang,” katanya.

Sementara, Bupati Luwu, Basmin Mattayang meminta kepada seluruh peserta untuk tiga hal untuk menjalankan tugasnya kedepan. Ketiga hal itu yakni, komptensi, kepekaan sosial dan karakter.

Ia menyebutkan bahwa tiga hal tesebut adalah penguat dalam melaksanakan tugas keseharian, dan beliau juga berpesan kepada para ASN hilangkan rasa angkuh.

“Sebagai ASN rasa angkuh harus dihilangkan, kita sebagai pelayan publik harus menunjukkan karakter yang baik, jika ada orang yang datang ke kantor, usahakan kita menegur terlebih dahulu menyakan apa keperluan mereka, jangan malah seakan akan pura-pura sibuk,” pesannya.

Dia juga menyampaikan bahwa sebagai ASN harus tertib personil, disiplin, administrasi tugas diselesaikan dengan baik dan lingkungan kantor ditata dengan baik sehingga menciptakan susana yang tentram dalam melaksanakan pekerjaan.

“Pentingnya Latsar adalah untuk membentuk pola prilaku dan meningkatkan kompetensi menanamkan wawasan, pelaksanaan pelatihan Dasar (Latsar) ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan,” jelas bupati bergelar doktor itu.

Bupati Luwu berharap dalam pelatihan ini melahirkan kader yang visioner. Sebab katanya, seorang ASN diberi mandat oleh negara untuk melayani masyarakat dan administrasi masyarakat.

Dalam pelaksanaan ini, selain menghadirkan Bupati Luwu Dr. H Basmin Mattayang, juga hadir Sekda Luwu H. Sulaiman, Sekretaris BKPSDM Andi Muhammad Ahkam Basmin, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulsel Drs H Asri Sahrin Said.

(Mita)

ADVERTISEMENT