Buka Manasik Haji, Walikota Palopo Berbagi Pengalaman ke CJH

382
ADVERTISEMENT

PALOPO — Walikota Palopo, HM Judas Amir membuka pelaksanaan Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji (CJH) yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kamis (27/6/2019).

Pada kesempatan itu Judas Amir mengajak kepada seluruh calon jamaah haji Musim Haji Tahun 1440 H/2019 M, agar rutin untuk mengikuti kegiatan manasik haji, karena manasik sangat penting untuk diketahui dan dipahami para calon haji sebelum menunaikan Ibadah Haji.

“Pengalaman saya terkait ibadah haji sangat berkesan, karena saya adalah ketua kloter saat itu, dan sebagai ketua kloter saya harus paham betul terkait hal-hal yang nantinya akan dilaksanakan saat melaksanakan Ibadah haji,” ungkap walikota dua periode itu.

Manasik haji lanjut Judas, bertujuan memberikan pengetahuan kepada CJH mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai arahan dan bimbingan dari tim pembimbing haji.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Palopo, Usman dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka manasik haji tingkat kota Palopo, dilaksanakan sesuai scedule Kakanwil Kementerian Agama.

Saat ini lanjutnya, pelaksanaan manasik haji untuk wilayah Kota Palopo telah dilaksanakan selama sepuluh kali (10) sesuai tahapan atau jadwal yang telah ditetapkan.

“Sudah 10 kali pelaksanaan dimana delapan (8) kali di tingkat Kecamatan, dan dua (2) kali di Kabupaten/Kota.
Dengan dua zona, yaitu zona satu di Kecamatan Wara di KUA, kemudian Zona dua di Mesjid Agung Luwu Palopo,” jelas Usman.

Terkait jumlah Calon jamaah haji tambahnya, untuk Kota Palopo tahun 2019 berjumlah 117 orang, ditambah 1 TPHD yaitu Ketua DPRD Kota Palopo, dimana penetapan CJH tersebut melalui proses seleksi se-Sulawesi Selatan.

“Daftar tunggu jamaah haji hingga musim haji tahun ini ada 2065 calon jamaah haji dan untuk CJH tahun ini pada Tanggal 17 juli 2019 sudah akan di terima di embarkasi Jamaah Haji makassar,” tandasnya.

Kegiatan manasik haji turut di hadiri pula Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latief, serta para calon jemaah haji tingkat Kota Palopo. (asm)

ADVERTISEMENT