Buka MTQ IX Luwu Timur, Budiman : Syiarkan Qur’an di Bumi Batara Guru

55
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX tingkat Kabupaten Luwu Timur tahun 2022 diikuti sebanyak 393 peserta dari 11 Kecamatan di Kabupaten Luwu Timur. (Dok. Kominfo Luwu Timur)
ADVERTISEMENT

LUWU TIMUR — Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX tingkat Kabupaten Luwu Timur tahun 2022 diikuti sebanyak 393 peserta dari 11 Kecamatan di Kabupaten Luwu Timur.

MTQ IX tingkat Kabupaten Luwu Timur akan berlangsung selama 5 hari mulai 9 hingga 15 Maret 2022 di Lapangan Sepakbola Gaswo, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

ADVERTISEMENT

Ketua Panitia MTQ IX, Muhammad Siddiq BM, dalam laporannya menyampaikan jika MTQ ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan minat dan bakat serta pemahaman kepada generasi muda untuk lebih mendalami dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran.

“Sedangkan tujuan MTQ ini adalah merupakan seleksi ditingkat Kabupaten yang insyaallah akan ditingkatkan di tingkat provinsi,” Kata H. Siddiq, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur.

Lanjut, H. Siddiq kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ke depan itu akan memperlombakan 7 cabang perlombaan diantaranya baca seni Al-Quran yang diikuti sebanyak 61 orang, cabang Qira’at Al-Quran sebanyak 31 orang.

Cabang hafalan Al-Quran sebanyak 88 orang, cabang Fahmil Al-Quran 64 orang, cabang Syaamil Al-Quran 63 orang dan cabang Kaligrafi Al-Quran 62 orang.

“Total peserta adalah 393 orang serta cabang hiburan qasidah moderen 11 peserta,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, H. Budiman yang membuka kegiatan bertemakan melalui MTQ IX mendorong Luwu Timur Berkelanjutan dan Lebih Maju berdasarkan nilai agama dan budaya berharap MTQ ke-IX, ajang silaturahmi seluruh kafilah dan untuk membumikan ajaran Al-Qur’an di Luwu Timur.

Budiman saat memberikan sambutan mengatakan meski dimasa Pandemi COVID-19, kegiatan keagamaan ini masi dilakukan. “Musabaqoh Tilawatil Qur’an sebagai ajang silaturahmi,” kata dia.

Lanjut orang nomor satu di Luwu Timur ini juga mengatakan dari Musabaqoh Tilawatil Qur’an pertama hingga saat ini terus mengalami kemajuan.

“Terimakasih atas bantuan dari semua pihak yang turut serta pada kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini. Kami berharap kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an IX 2022 ini, berjalan aman dan tertib,” kata Budiman.

Budiman juga mengingatkan peserta MTQ dan masyarakat yang hadir agar tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini diadakan dimasa Pandemi.

Untuk diketahui, kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini diikuti oleh Kafilah setiap Kecamatan se Kabupaten Luwu Timur. Dan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an akan digelar selama tujuh hari.

Hadir dalam kegiatan itu, diantaranya Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, Ketua PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty, Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester MM Simamora, Kajari Luwu Timur, Muhammad Zubair, dan Sejumlah Pimpinan Opd. (rah/liq)

ADVERTISEMENT