Bukan Pantai, 6 Tempat Wisata di Lombok Ini Wajib Dikunjungi!

110
Ilustrasi objek wisata di lombok. (Foto : ist)
ADVERTISEMENT

KORAN SERUYA – Terkenal akan keindahan alamnya yang memanjakan mata, Lombok jadi salah satu bucket list liburan banyak orang di Indonesia. Pasalnya, wisata alam Lombok memiliki ciri khasnya tersendiri yang susah ditemui di tempat lain di tanah air. Apalagi, sekarang akses menuju Pulau Lombok semakin mudah dengan Sriwijaya Air.

Anta tertarik berlibur ke Lombok? Yuk, cari tahu rekomendasi wisata alam Lombok yang tiada duanya berikut ini!

ADVERTISEMENT

6 Tempat Wisata di Lombok Selain Pantai

Selama ini, Lombok populer dengan pesona pantainya yang menawan. Air laut berwarna biru cerah dengan pasir pantai putih bersih jadi daya tarik utamanya. Namun, tahukah Anda bahwa wisata pemandangan alam Lombok tak hanya terbatas pada pantai saja?

Faktanya, Pulau Seribu Masjid ini menyimpan segudang wisata alam yang ciamik dan mengundang untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Simak daftar wisata alam Lombok berikut ini!

1.   Gunung Rinjani

Berlokasi administratif di 3 kabupaten, yakni Lombok Timur, Lombok Utara, dan Lombok Tengah, Gunung Rinjani menjulang dengan ketinggian 3.726 mdpl. Salah satu lokasi favorit para pendaki ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Bagi Anda yang memiliki minat berwisata dengan cukup menantang adrenalin, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, rute pendakian di sini cukup terjal, apalagi untuk pemula.

Meski begitu, Anda akan disuguhi pemandangan yang tak ada duanya sepanjang perjalanan, mulai dari sabana yang asri hingga Danau Segara Anak yang luas. Jadi, lelahnya perjalanan pasti akan terbayar tuntas.

 

 

2.   Aik Kalak

Konon, Aik Kalak memiliki arti “air panas” dalam bahasa setempat. Masih berada di area Taman Nasional Gunung Rinjani, Aik Kalak hadir sebagai opsi wisata pemandian air panas yang ramah keluarga. Destinasi ini cocok untuk Anda yang kurang hobi mendaki dan kebetulan berwisata bersama si kecil.

Lokasinya yang tak jauh dari Gunung Rinjani membuat rute perjalanan menuju Aik Kalak mirip dengan rute menuju Gunung Rinjani. Pemandian ini tepatnya terletak di kaki gunung.

Anda dapat melakukan banyak aktivitas di sini, mulai dari berendam, camping, berfoto-foto, atau sekadar piknik santai di sekitar area pemandian. Selain itu, tiket masuknya pun gratis sehingga hemat ongkos.

3.   Desa Sade

Terletak di Lombok Tengah, Desa Sade dihuni oleh Suku Sasak dan memiliki nuansa alam yang masih tradisional. Di desa ini, Anda bisa mengetahui bagaimana kehidupan sehari-hari Suku Sasak penghuni desa yang terkesan jauh dari arus modernisasi.

Banyak hal unik yang akan Anda temukan di sini, mulai dari rumah tradisional berbagai tipe, kain tenun buatan penduduk setempat, beberapa tradisi khas Suku Sasak, hingga suasana alam sekitar desa yang masih terjaga.

Sepulang dari sini, Anda bisa membawa oleh-oleh berupa kain tenun buatan tangan penduduk setempat. Harga tiket masuk Desa Sade berkisar mulai dari Rp 15.000,00 saja.

4.   Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu hadir sebagai wisata alam Lombok Tengah yang bersumber dari kawasan hutan di area kaki Gunung Rinjani. Rute menuju air terjun ini pun cukup mudah dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki maupun naik kendaraan bermotor.

Kabarnya, lokasi ini diberi nama “Benang Kelambu” karena wujud air terjun yang jatuh dari sela rimbunan semak-semak dari atas tebing bukit bak “kelambu” yang terbuat dari air.

Ada beberapa titik air terjun di sini sehingga Anda berkesempatan menjelajahi satu titik ke titik lainnya melalui jalan setapak yang mudah diakses.

Selain itu, ada fasilitas kolam penampungan air untuk tempat berendam orang dewasa maupun anak kecil. Jadi, tempat ini terbilang cukup ramah keluarga. Harga tiket masuk ke area Air Terjun Benang Kelambu adalah Rp 10.000,00 saja.

5.   Bukit Malimbu

Ingin menikmati keindahan alam Lombok Utara dari ketinggian, namun tak mau repot-repot mendaki gunung? Bukit Malimbu adalah opsi yang tepat.

Bukit yang terletak tepat di atas Pantai Malimbu ini menawarkan pemandangan yang memukau. Lokasinya pun mudah diakses karena berada tepat di samping jalan raya.

Dari atas bukit, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari menikmati sunset dari atas bukit, berfoto dengan latar belakang panorama bukit, atau sekadar membeli jajanan di area bukit sembari piknik santai, semua bisa Anda lakukan.

Selain itu, Anda tak perlu membayar biaya tiket masuk sehingga makin hemat ongkos.

6.   Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Terletak di Lombok Tengah, Taman Wisata Alam Gunung Tunak memiliki pesona dataran tinggi yang memanjakan mata. Dari sini, tampak komposisi yang apik antara tingginya tebing dan cemerlangnya air laut yang terhampar luas.

Anda bisa naik ke mercusuar 7 tingkat untuk bisa menikmati panorama dengan lebih puas. Dari atas mercusuar, Anda bisa melihat hamparan laut lengkap dengan pulau-pulau batu yang mempesona.

Biaya masuk ke tempat wisata ini adalah sekitar Rp 5.000,00-Rp 7.500,00.

Bagaimana, tertarik untuk segera pergi liburan ke destinasi wisata Lombok? Jangan lupa pesan tiket pesawat hanya lewat Traveloka untuk mendapatkan berbagai diskon dan penawaran menarik. Selamat liburan!

 

 

ADVERTISEMENT