Bupati Budiman Jadi Irup Apel Siaga Bencana Luwu Timur

11
ADVERTISEMENT

MALILI — Bupati Luwu Timur, H. Budiman menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam di Kabupaten Luwu Timur yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Puncak Indah Malili, Rabu (23/11/2022).

Apel siaga bencana diawali dengan pemeriksaan pasukan/peserta apel oleh Bupati Luwu Timur dengan mengelilingi seluruh pasukan yang terdiri dari berbagai elemen siaga bencana yang ikut dalam apel kesiapsiagaan bencana.

ADVERTISEMENT

Dalam arahannya, Bupati Luwu Timur mengapresiasi pelaksanaan apel siaga bencana ini, dengan harapan dapat menjadi momentum bagi seluruh elemen untuk menyatukan gerak dan langkah antisipasi menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Namun yang terpenting ialah, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dalam usaha penanggulangan bencana agar masyarakat mengerti tanda-tanda adanya bencana dan penanggulangannya,“ kata Bupati.

ADVERTISEMENT

Bupati mengungkapkan, Lutim secara umum adalah daerah rawan bencana baik alam maupun non alam yang disebabkan karena kondisi geografis Lutim yang dipenuhi pegunungan, sungai dan lautan serta berada di wilayah sesar Matano yang merupakan salah satu potensi rawan bencana yang harus diwaspadai setiap saat.

“Berdasarkan catatan, jumlah kasus bencana mulai Januari – Oktober 2022 terjadi tiga kali bencana akibat hujan deras dan angin kencang yang menyebabkan terjadi tanah longsor dan pohon tumbang yang mengakibatkan 4 unit rumah rusak serta kerugian materil lainnya,“ sebut Bupati.

Terkait dengan apel kesiapsiagaan bencana, Bupati Budiman mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap pentingnya penanggulangan bencana sekaligus momentum bagi satuan penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi.

Olehnya itu, Bupati meminta agar seluruh elemen yang terlibat dalam penanggulangan bencana untuk tetap semangat dalam berkiprah dan partisipasi semua pihak sesuai tugas dan fungsi masing-masing, karena pada hakikatnya bencana adalah urusan bersama untuk kemanusiaan. Turut Hadir pada apel siaga bencana ini antara lain; Ketua DPRD Lutim, Aripin, Kapolres Lutim, AKBP. Silvester MM. Simamora, Kajari Lutim, Muh. Zubair, Ketua Pengadilan, Perwira Penghubung, Bachtiar, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, para Asisten, Kepala OPD dan Camat se Luwu Timur. (rls)

ADVERTISEMENT