Bupati Budiman Sidak OPD

66
ADVERTISEMENT

MALILI — Guna mengecek kinerja dan kedisiplinan aparatnya baik PNS maupun Tenaga Upah Jasa di Lingkup Pemkab Lutim, Bupati H. Budiman melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Jumat (13/01/2023).

Bupati mengawali sidak di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melihat secara dekat aktivitas pegawai di unit kerja yang menangani pembangunan infrastruktur tersebut.

ADVERTISEMENT

Kepada jajaran Dinas PUPR, Bupati meminta kepada seluruh ASN agar meningkatkan kinerja dan menjaga kedisiplinan dalam melaksanakan tugas. Selain soal kinerja, Bupati juga menginstruksikan seluruh pegawai agar dapat menjaga kebersihan, penataan ruang dan keindahan lingkungan kantor, ini dalam rangka kenyamanan kerja. Ia pun mengingatkan bahwa dirinya sangat sensitif jika mendapati tempat kerja yang kurang bersih dan berantakan.

“Kalau kantornya bersih, tentunya kita akan menjadi lebih semangat bekerja,” pesan Bupati kepada pegawai Dinas PUPR yang berada di lokasi. Usai melakukan Sidak di Kantor PUPR, Bupati kemudian bergeser memantau aktivitas pegawai di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Hampir seluruh ruangan ditempat ini dimasuki Bupati, para pegawai yang sedang bekerja disapanya seraya diberikan motivasi.

ADVERTISEMENT

Ditempat ini, Bupati kembali menekankan hal hal terkait dengan peningkatan kinerja para pegawai. “Saya keliling kantor saja, cek teman-teman pegawai, sekedar melihat kondisi saja sekaligus memberikan motivasi,” ujar Bupati yang didampingi Sekretaris Dinas Pertanian, Saenab. Meski dilakukan dengan komunikasi yang santun dan sesekali berdialog langsung dengan sejumlah ASN yang ditemuinya, namun Bupati tidak jarang menanyakan keberadaan para pegawai.

Bupati selanjutnya menuju Kantor Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Parmudora) untuk melihat pelayanan di kantor tersebut. Dalam sidak ini, orang nomor satu di Bumi Batara Guru itu menggunakan kesempatan untuk memberikan arahan, masukan sekaligus nasihat moral yang tentunya berkaitan dengan aktivitas ASN kepada para staf di masing-masing instansi yang didatangi.

ADVERTISEMENT

Pada sidak kali ini, Bupati mengaku puas karena secara keseluruhan tingkat kehadiran pegawai OPD yang disidak sudah lumayan bagus. Namun masih ada yang perlu untuk dievaluasi. “Tingkat kehadiran lumayan bagus, walaupun ada yang perlu dievaluasi sedikit-sedikit,” ungkapnya. (rls/roy)

ADVERTISEMENT