Bupati Kolaka Timur Terjaring OTT KPK di Rujabnya, Padahal Baru 3 Bulan Menjabat

155
Bupati Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Andi Merya Nur
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjaring kepala daerah dalam operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini, Bupati Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Andi Merya Nur diamankan bersama Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Timur, Ansyarullah, dan sejumlah pihak, Selasa (21/9/2021), sekitar pukul 08.00 Wita.

Bupati Kolaka Timur diamankan KPK di rumah jabatannya. Sedangkan, Kepala BPBD diamankan di luar rumah jabatan. Ada pula lokasi KPK melakukan penangkapan di sebuah rumah indekos di wilayah Kecamatan Rate-rate.

ADVERTISEMENT

Bupati Kolaka Timur yang baru dilantik 3 bulan itu langsung digiring ke Markas Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara ( Polda Sultra) usai diciduk komisi antirasuah itu. Hingga Rabu (22/9/2021), Andi Merya Nur bersama lima orang lainnya, diamankan di Mapolda Sultra. Mereka menjalani pemeriksaan di Lantai 2 Dit Reskrimsus Polda Sulawesi Tenggara.

Informasi dihimpun KORAN SERUYA, Bupati Kolaka Timur bersama lima orang yang ditangkap KPK, akan diterbangkan ke Jakarta setelah menjalani pemeriksaan di Mapolda Sultra.

Ketua KPK, Komjen Pol Firli Bahuri membenarkan pihaknya menggelar OTT di Kolaka Timur. Dia menyebut, ada 6 orang ditangkap, salah satu diantaranya Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur. “Betul tadi malam KPK melakukan giat tangkap tangan di Kolaka Timur, ada 6 orang diamankan,” ujar Firli.

Firli memastikan siapa pun yang terlibat akan dijerat untuk dimintai pertanggungjawaban. Namun sejauh ini pihaknya masih mengumpulkan barang bukti.

Sementara Kepala Subdirektorat Penerangan Masyarakat Polda Sultra, Komisaris Dolvi Kumaseh, mengungkapkan tim dari KPK menggunakan ruangan Direkrorat Kriminal Khusus Polda Sultra untuk melakukan pemeriksaan intensif.

Dia menuturkan, tim penyidik KPK telah menjaring enam orang dalam tangkap tangan termasuk Bupati Koltim Andi Merya Nur.

Diketahui, Andi Merya Nur menjadi Bupati Kolaka Timur baru seumur jagung, dirinya dilantik Gubernur Sultra Ali Mazi pada Senin (15/6/2021) lalu. Ia menggantikan Bupati Kotim Sebelumnya Samsul Bahri Madjid yang meninggal dunia setelah kurang lebih menduduki kursi empuknya selama 1 bulan. (***)

ADVERTISEMENT