Bupati Lutim: Optimalisasi Bumdes Bangkitkan Perekonomian Desa

169

MALILI–Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes merupakan Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh masyarakat bersama Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa yang dibentuk berdasarkan potensi yang ada di desa.

Dalam rangka inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa. Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler menghadiri acara dan melaunching Bumdes Mitra Jaya sekaligus penyerahan mobil operasional kepala Desa Wonorejo bertempat dihalaman BUMDES Mitra Jaya Desa Wonorejo, Kecamatan Mangkutana, Rabu (22/01/2020).

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler dalam sambutannya mengatakan, pada intinya bahwa Bumdes memiliki tujuan penting, mulai dari meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Luwu Timur turut mendorong BUMDes yang ada, serta mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan BUMDes bisa terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat untuk mewujudkan desa yang mandiri,” ujar Husler.

Selain Bupati Luwu Timur, turut hadir Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Hasmaruddin, Anggota DPRD Luwu Timur, Wahidin Wahid, Heriyanti Harun, Kadis PMD, Halsen, Camat Mangkutana, Sri Mulyani, Kepala Desa Wonorejo dan Kepala Desa lainnya serta Tokoh masyarakat.

Peresmian ditandai dengan penggutingan pita oleh Bupati Luwu Timur didampingi Anggota DPRD Luwu Timur, Kadis PMD, Halsen, dan Camat Mangkutana. (hms/ikp/kominfo)