Bupati Lutim Raih Penghargaan HAKLI, Budiman: Semoga Pengelolaan Sanitasi Luwu Semakin Baik

21
Bupati Luwu Timur, H. Budiman kembali meraih penghargaan. Kali ini, Budiman menerima penghargaan dukungan pemerintah daerah dalam percepatan pencapaian sanitasi di Kabupaten Lutim dari Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes, yang berlangsung di Theater Room Gedung B, Poltekkes Kemenkes Makassar, Rabu (27/7/2022).
ADVERTISEMENT

MALILI–Bupati Luwu Timur, H. Budiman kembali meraih penghargaan. Kali ini, Budiman menerima penghargaan dukungan pemerintah daerah dalam percepatan pencapaian sanitasi di Kabupaten Lutim dari Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes, yang berlangsung di Theater Room Gedung B, Poltekkes Kemenkes Makassar, Rabu (27/7/2022).

Pemberian penghargaan dirangkaikan dengan kegiatan Seminar Nasional HAKLI Sulsel yang bertemakan “Daya Dukung Strategis Lintas Sektor pada Implementasi Pencapaian Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024”. Turut hadir Dirjen Tenaga Kesehatan, Arianti Anaya, MKM, Pengurus HAKLI, Perwakilan Kepala Daerah penerima penghargaan serta Tenaga Sanitasi Lingkungan se-Sulawesi Selatan.

ADVERTISEMENT

Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes. mengucapkan terima kasih atas peran serta pemerintah daerah dalam mendorong masyarakat hidup sehat dan senantiasa memberikan pengarahan dalam menghadapi wabah penyakit berbahaya.

“Penghargaan HAKLI selaras dengan komitmen global serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yang telah menjadi bagian dari program HAKLI. Program yang dikembangkan HAKLI berkaitan erat dengan program Dinas Kesehatan terutama dalam menangani penurunan angka stunting serta membantu persoalan kesehatan masyarakat seperti penanganan penyakit malaria, DBD dan masalah lingkungan lainnya,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Selain itu, Arif juga mengatakan, tenaga sanitarian bertugas untuk melakukan kegiatan pengamatan, pengawasan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan lingkungan untuk dapat memelihara, melindungi dan meningkatkan cara-cara hidup bersih dan sehat. Salah satunya adalah program satu desa, satu petugas sanitarian sebagai terobosan guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Sementara itu, usai penerimaan penghargaan, Bupati Budiman didampingi Kadis Kesehatan Luwu Timur, dr. HJ. Rosmini Pandin dan Tenaga Sanitarian Luwu Timur mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada HAKLI atas penghargaan yang telah diberikan kepadanya. Penghargaan yang diraih tersebut merupakan upaya sinergitas dan kolaborasi dari Organisasi Perangkat Daerah Luwu Timur sebagai bagian dalam melayani masyarakat.

ADVERTISEMENT

“Semoga dengan adanya penghargaan ini, Kabupaten Luwu Timur akan lebih baik lagi dalam mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera serta paham akan pengetahuan di bidang sanitasi lingkungan,” jelas Budiman.

Budiman mengatakan sangat mendukung program HAKLI dalam memberikan pendampingan terkait keterampilan dan kemampuan bagi seluruh tenaga sanitasi lingkungan yang dapat memberikan pembinaan secara fisik dengan teknologi tepat guna maupun advokasi kepada masyarakat. (kominfo-sp)

ADVERTISEMENT