Bupati Lutim Serahkan Bantuan PT Vale, Ini Jenis Bantuannya

70
Bupati Luwu Timur (Lutim), H. Budiman menyerahkan alat sarana produksi pertanian berupa dua unit mesin combine dan 4 unit hand tracktor program PKPM PT. Vale Indonesia Tbk. di Kawasan Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kecamatan Malili, bertempat di Persawahan Dusun Hulupadang Desa Pongkeru, Kecamatan Malili, Rabu (13/07/2022).
ADVERTISEMENT

MALILI–Bupati Luwu Timur (Lutim), H. Budiman menyerahkan alat sarana produksi pertanian berupa dua unit mesin combine dan 4 unit hand tracktor program PKPM PT. Vale Indonesia Tbk. di Kawasan Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kecamatan Malili, bertempat di Persawahan Dusun Hulupadang Desa Pongkeru, Kecamatan Malili, Rabu (13/07/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Amrullah, Sekdis PMD, Manajemen PT. Vale Indonesia, Tbk., Kepala Desa Pongkeru, Kepala Desa Laskap, Badan Kerja Antar Desa (BKAD), Bumdesma serta warga masyarakat.

ADVERTISEMENT

Bantuan yang diserahkan tersebut untuk menunjang pengembangan Produk Unggulan Perdesaan Pertanian di kawasan perdesaan mandiri sebagai wujud pola dukungan program pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat PT. Vale Indonesia tahun 2018-2023.

Melalui Program PKPM pada pembinaan dan pendampingan, serta turut mendukung penyediaan berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang efisiensi dalam pengelolaan pertanian. “Ini merupakan bentuk kerjasama antara PT. Vale Indonesia, Tbk. dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur,” ujar Budiman.

ADVERTISEMENT

Budiman juga mengucapkan terimakasih kepada PT Vale yang sudah menyalurkan bantuan alat pertanian buat warga Luwu Timur. “Bantuan ini harus disyukuri, salah satu cara kita mensyukuri pemberian ini dengan cara merawat dan menjaganya, jika ada yang rusak sedikit harus cepat diperbaiki,” pesan Bupati Luwu Timur.

Perlu diketahui bahwa, lanjutnya, Pemerintah Daerah bersama PT. Vale saat ini cenderung ke sektor pertanian, karena 80 persen penduduk Luwu Timur hidup disektor pertanian. Saat ini sudah mengkolaborasikan kebijakan Pemerintah Daerah dengan Kebijakan PT. Vale disektor pertanian dengan harapan pertumbuhan ekonomi disektor pertanian bisa melejit cepat.

ADVERTISEMENT

“Meskipun 80 persen penduduk Luwu Timur bergerak di sektor Pertanian, tapi Pertumbuhan Ekonomi Luwu Timur 44 Persen dari sektor Tambang, sektor Pertanian baru 23 persen. inilah yang terus kita diskusikan sehingga sektor pertanian ini harus di intervensi lewat sebuah kebijakan yang tepat,” jelas Budiman.

Terakhir, Bupati berharap kepada Desa yang masuk dalam wilayah pemberdayaan PT. Vale, alangkah rugi jika tidak bisa tampil menjadi desa maju, karena ada 4 sumber anggaran yang masuk, yaitu Alokasi Dana Desa, Dana Desa, Bantuan Khusus Keuangan, dan PPM PT Vale. (lig)

ADVERTISEMENT