Bupati Lutim Tekankan Pentingnya Pendidikan Parenting di Era Milenial

114
Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler membuka seminar Parenting di Matano Player, Desa Sorowako Kecamatan Nuha, Sabtu (30/11/2019).
ADVERTISEMENT

MALILI–Peran orang tua dalam mendidik anak menjadi modal utama dalam pembentukan karakter anak, karena pola pendampingan sistematis dari orang tua merupakan salah satu cara untuk menangkal pengaruh buruk globalisasi.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Demikian disampaikan Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler saat membuka seminar Parenting di Matano Player, Desa Sorowako Kecamatan Nuha, Sabtu (30/11/2019).

Menurut Bupati, jika mencermati perkembangan globalisasi dan teknologi informasi yang begitu cepat, membuat tantangan orang tua dalam mengasuh anak juga menjadi semakin kompleks, itulah mengapa pendidikan parenting sangat penting dipahami di era milenial saat ini.

Seminar Parenting ini, lanjutnya, penting untuk menyadarkan orang tua bahwa peran dari orang tua bukan hanya sekedar mengasuh, namun juga membimbing, mendidik, melindungi, serta menambah wawasan anak.

ADVERTISEMENT

“Orang tua disini tidak hanya berperan sebagai pengasuh dan pembimbing saja, melainkan juga berperan sebagai teman bahkan menjadi sahabat bagi anak-anaknya sebab orang tua dipandang paling mengerti kondisi anak,” kata Husler.

Karena itu, dikesempatan baik ini Bupati mengajak seluruh orang tua dapat mengikuti dengan serius parenting seminar ini untuk menambah pengetahuan terkait pola pengasuhan dan pendidikan anak sehingga persoalan persoalan sosial dapat diminimalisir.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Sementara Wakil Ketua TP PKK, dr. Ani Nurbani yang juga merupakan Wakil Ketua BKMT Kabupaten Luwu Timur mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dan langkah untuk mengatasi berbagai kekhawatiran orang tua akibat dampak buruk pengaruh Internet dan gadget.

Menurut Ani, Internet dan gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan saat ini, sehingga peran orang tua juga semakin berat dalam kegiatan pengasuhan dan mengawal perkembangan anak. Oleh karena itu, seminar parenting ini sangat penting untuk menambah wawasan orang tua menyikapi kondisi saat ini.

Seminar parenting dengan tema “Anakku, Internet dan Gadget” yang digelar Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Nuha ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Arifuddin Ahmad (Guru Besar UIN Alauddin Makassar) dan Eka Damayanti (Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini-PAUD).

“Dengan kehadiran para narasumber ini, diharapkan dapat meningkatkan wawasan orang tua dalam mendidik anak,” tutup istri Wakil Bupati Luwu Timur ini. (hms/ikp/kominfo)

ADVERTISEMENT