Bupati Lutra Teken Perjanjian Kerjasama Hibah Khusus Pamsimas dengan Ditjen Cipta Karya

474
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Hibah Khusus Pamsimas Tahun Anggaran 2018 dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, di Prime Plaza Hotel, Denpasar, Jumat (3/8/2018)
ADVERTISEMENT

Denpasar — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Jumat (3/8), melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Hibah Khusus Pamsimas (HKP) Program Pamsimas Tahun Anggaran 2018 dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di Prime Plaza Hotel, Denpasar.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Luwu Utara melalui Sekretarisnya, Alwi Parimpun, yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, tujuan dilakukannya Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Hibah Khusus Pamsimas ini adalah untuk mendorong terwujudnya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah dengan hibah kabupaten/kota sampai ke desa.

Olehnya itu, kata Alwi, untuk meningkatkan aman air minum dan aman sanitasi, maka diperlukan adanya Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Hibah Khusus Pamsimas. “Hal ini dilakukan supaya kita ada kesepakatan agreement penandatangan kerjasama terkait peningkatan desa-desa pamsimas, terkait aman air minum dan sanitasi,” ujar Alwi.

Alwi menambahkan, program Pamsimas di Lutra sebenarnya sudah berjalan 3 tahun, tapi baru tahun ini diberi kesempatan melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR. “Baru tahun ini kita diberi peningkatan perjanjian kerjasama dengan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Padahal kita sudah 3 tahun melaksanakan program ini,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

Masih kata Alwi, program ini juga dalam rangka membantu pemerintah dalam peningkatan kinerja desa, terkait air minum, sanitasi, dan penyehatan lingkungan. “Secara universal, kita ingin mewujudkan program pemerintah di 2019 yakni Universal Accsess 100-0-100, yaitu 100% akses air minum, 0% lingkungan kumuh dan 100% untuk sanitasinya,” jelas Alwi.

Dalam penandatangan perjanjian ini, turut hadir bersama Bupati dan Sekretaris PUPR, Koordinator Kabupaten (Korkab) dari NGO yang telah dikerjasamakan antara Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara. Sementara dari Kementerian PUPR sendiri, hadir Direktur Perkembangan Sumber Daya Air, Agus Achyar. (man)

ADVERTISEMENT