Bupati Luwu Letakkan Batu Pertama, Kadis Perkim: Pemkab akan Bangun 7 Rumah Warga

90
ADVERTISEMENT

KADIS Perumahan dan Pemukiman, H Sofyan Thamrin mengungkapkan jika anggaran per unit rumah yang dibangun Pemerintah Kabupaten Luwu untuk warga yang terdampak banjir di Desa Pompengan Utara Kecamatan Lamasi Timur senilai, Rp42.5 juta per unitnya.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dalam laporannya, Sofyan Thamrin mengisahkan, saat terjadinya banjir, Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengeluarkan instruksi gawat darurat. Segera setelah itu, Pihaknya bersama BPBD segera melakukan pendataan. Ketika itu, ujar Sofyan, ada 7 rumah yang hanyut.

ADVERTISEMENT

“Lima rumah di Lamasi Timur, Satu di Suli dan satunya lagi di Larompong. Rumah korban ini akan segera dibangun, dan saat ini dibuktikan dengan peletakkan batu pertama pembangunan oleh Bupati Luwu Basmin Mattayang,” ujar Sofyan saat peletakan Batu pertama pembangunan rumah warga di Desa Pompengan Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu, Selasa, 20 Oktober 2020.

Pada peletakan batu pertama ini, disaksikan pula oleh Kapolres Luwu AKBP Fajar Dianto, Anggota DPRD Luwu zeth Ida Parante, Herman Faral . Kasatpol PP, Andi Iskandar, Kades se Kecamatan Lamasi Timur, Kepala BPBD Rahman Mandaria, Tenaga Ahli Bupati, Haq Salam, Kadis Damkar Awwabin, Kadishub Supriadi. Beserta para tokoh dan karang taruna, serta hadir langsung warga korban bencana.

ADVERTISEMENT

Para korban yang berhak mendapat bantuan rumah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu itu yakni, Mahmud, Nuriyadin, Baso Majid, Maksinambud dan Suriyani.

Kades desa Pompengan mengatakan sangat berterima kasih sekali kepada Bupati dan Kadis Perkim karena memperhatikan warganya yang korban bencana.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Kami merasa terharu dan merasa sangat diperhatikan karena apa yang kami harapkan terkait warga kami yang tertimpa bencana menjadi perhatian Pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, saat tatap muka dengan korban bencana, Bupati Luwu Basmin Mattayang menegaskan, tidak boleh ada warga yang merasa tidak diperhatikan.

Basmin mengistruksikan kepada pemerintah desa untuk menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah kabupaten agar memperhatikan masyarakat.

“Jangan nanti viral di media sosial baru baru datang melapor, karena yang paling tau tentang warganya adalah pak dusun dan pak desa,” ujar Basmin.

Dikesempatan itu, Bupati juga menyampaikan kepada Kepala Desa yang hadir agar memperhatikan rumah warga yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan bedah rumah.

“Agar segera dilaporkan di Perkim. Kita target tidak ada lagi rumah warga yang tidak layak huni,” kunci Basmin.(mita)

ADVERTISEMENT