Bupati Luwu Utara Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Kementerian Polhukam

45
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, berkesempatan menghadiri undangan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Kemenko Polhukam). Undangan tersebut dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022.

Hal ini terlihat saat dirinya mengepos kegiatan tersebut di halaman resmi fanpage facebooknya, Jumat 21 Okrober 2022 kemarin. “Alhamdulillah, pagi tadi menghadiri Halaqah Kebangsaan dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022,” tulis Indah.

ADVERTISEMENT

Alumnus Pesantren Datuk Sulaiman Palopo ini menuliskan, Halaqah Kebangsaan dilaksanakan di halaman Kantor Kemenko Polhukam, jalan Medan Merdeka Barat. “Pertemuan ini adalah silaturahmi para ulama, habaib dan umara berlatar belakang Santri,” tulis Indah lagi.

Adapun tema yang diangkat pada Halaqah Kebangsaan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional adalah “Ideologi Negara, Ideologi Santri.” Diketahui, hanya ada 2 Kepala Daerah di Sulsel yang diundang. Selain Bupati Luwu Utara, Bupati Maros juga turut diundang.

Peringatan HSN yang dikemas dalam bentuk Halaqah Kebangsaan ini dibuka Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, dan dihadiri beberapa Menteri, di antaranya Menteri Agama Yaqut Kholil Qoumas, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Wapres Ma’ruf Amin, saat membuka acara mengatakan bahwa eksistensi para Santri di Indonesia sudah diakui negara sejak sebelum Indonesia merdeka. Bahkan, kata dia, Santri terlibat dalam menyusun konstitusi negara.

“Santri terus berkiprah hingga hari ini dan terus mengisi pembangunan menuju Indonesia maju,” kata Ma’ruf seperti dikutip dari kemenag.go.id. “Untuk itu, Santri siap menerima tugas, apa pun itu, ketika dipercaya untuk berkiprah,” pungkas mantan Ketua MUI ini. (LH)

ADVERTISEMENT