Bupati Serahkan Tiga Mobil Ambulance untuk PKM Limbong, Promkes Dinkes dan PSC 119

88
ADVERTISEMENT

Luwu Utara–Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyerahkan tiga unit mobil ambulance kepada Dinas Kesehatan, Selasa (29/12/2020).

Penyerahan dilakukan secara simbolis di Aula La Galigo Kantor Bupati di sela-sela puncak peringatan Hari Ibu.

ADVERTISEMENT

Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khsusus (DAK) Tahun Anggaran 2020. Tiga mobil ambulance ini kemudian diserahkan masing-masing kepada Puskesmas (PKM) Limbong, Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan dan PSC 119.

“Baik PKM Limbong, Promkes dan PSC, ini sangat membutuhkan mobil operasional atau mobil ambulans di dalam mendukung akselerasi pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, usai penyerahan.

ADVERTISEMENT

Untuk itu, dia berharap ketiga mobil ini bisa digunakan sesuai peruntukkannya, sehingga layanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik, dan fungsional,” harapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Marhani Katma, menyebutkan, baik PKM Limbong, Promkes dan PSC, sangat membutuhkan mobil operasional di dalam mendukung percepatan pelayanan kesehatan, sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

ADVERTISEMENT

“Kita saat ini sangat butuh yang namanya promosi kesehatan, utamanya di dalam mendukung program KIE, yakni komunikasi, informasi dan edukasi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, komunikasi, informasi dan edukasi, mutlak dibutuhkan,” jelasnya.

Bagaimana dengan PSC 119? Marhani Katma mengatakan, mobil bagi PSC 119 nantinya akan dimanfaatkan di dalam pemberian layanan secara outdoor atau pelayanan di lapangan, utamanya pelayanan-pelayanan yang bersifat preventif dan promotif.

“Jadi lebih kepada pemberian layanan secara outdoor, seperti menjemput pasien, pencegahan Covid-19, dan setiap ada kegiatan, baik yang dilakukan pemda maupun yang sifatnya umum, maka PSC wajib datang memberikan pelayanan preventif,” imbuhnya.

“Meskipun tidak ada permintaan, tapi kalau kita tahu ada kegiatan yang dilakukan, kita akan kirim PSC ke sana. Sementara mobil PKM Limbong nantinya akan digunakan untuk pelayanan secara umum, tidak hanya penanganan Covid-19 saja,” tandasnya. (LH)

ADVERTISEMENT