Bupati Surya Buka Rakornis TP PKK Kabupaten Asahan

55
Bupati Asahan H Surya membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan Tahun 2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Kamis (13/01/2022). (Foto : AF)
ADVERTISEMENT

ASAHAN — Bupati Asahan H Surya membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan Tahun 2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Kamis (13/01/2022).

Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan, Suherman Siregar menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kerjasama pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga Kabupaten Asahan, OPD selaku Pembina TP PKK dan TP PKK Kecamatan. Selain itu menciptakan gerakan Nasional keluarga pelopor perubahan melalui pembinaan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, serta penguatan ketahanan keluarga, kesehatan keluarga dan lingkungan.

“Selain itu, untuk terinformasinya kebijakan Pemerintah Kabupaten Asahan ke Kecamatan dan Desa dalam hal persamaan persepsi dan keterpaduan pengelolaan gerakan PKK serta terindentifikasinya upaya pemecahan masalah terhadap aspek kelembagaan, program dan administrasi PKK Kabupeten Asahan,” Suherman Siregar.

Sementara, Ketua TP PKK Asahan, Ny Hj Titiek Sugiharti Surya mengatakan, pihaknya akan melaksanakan kembali Dasawisma PKK di tahun 2022, agar TP PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan dapat lebih memahami Dasawisma. Oleh karena itu, dia juga meminta kepada Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan menghadirkan kader yang sama ditahun sebelumnya, sehingga dapat lebih mendalami materi Dasawisma tersebut.

ADVERTISEMENT

“TP PKK Asahan akan terus melakukan evaluasi, mencari apa yang menjadi kesulitan teman-teman di Kecamatan, Desa/Kelurahan dalam melaksanakan program kerja TP PKK Asahan dengan turun langsung di Kecamatan dan Desa/Kelurahan di Kabupaten Asahan,” kata Titiek.

Dia berharap TP PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan dapat membantu suami dalam melaksanakan tugasnya dan mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah membantu program TP PKK Kabupaten Asahan, sehingga program kerja kami dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan bersama Sekretaris Daerah dan Ketua TP PKK menyerahkan hadiah kepada Desa pemenang dalam lomba Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK Kabupaten Asahan Tahun 2021, yakni juara 1 Desa Sei Silo Barat Kecamatan Setia Janji, Juara 2 Desa Sei Kepayang Tengah Kecamatan Sei Kepayang, Juara 3 Desa Ambalutu Kecamatan Buntu Pane serta menyerahkan bantuan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI dan UNICEF kepada anak usia 0-17 Tahun yang orang tuanya meninggal karena covid-19.

Bupati Asahan mengatakan Rakornis ini menjadi moment strategis, untuk mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Program TP PKK Asahan harus juga mengakomodir aspirasi desa/kelurahan mengingat para kader di tingkat bawah lebih memahami kondisi dan potensi daerah yang berbeda-beda. Oleh karena itu ciptakan Rakornis dalam situasi demokratis, menghargai dan dapat mengakomodir semua pandangan yang berkembang.

“Selain itu perlu saya pada saat ini vaksinasi covid-19 sedang berjalan dengan bertahap di Kabupaten Asahan yang bertujuan mengurangi transmisi atau penularan covid-19, untuk itu saya berharap agar kita semua bersabar dan tetap menerapkan Prokes serta membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mengkonsumsi gizi seimbang,” tandasnya. (af/liq)

ADVERTISEMENT