Capai Herd Immunity 80 Persen, 73 Desa di Luwu Terima Penghargaan

119
Bupati Luwu, Basmin Mattayang. (Foto : Pemkab Luwu)
ADVERTISEMENT

LUWU — Upaya pengendalian pandemi Covid-19 di Kabupaten Luwu terus menunjukkan hasil menggembirakan. Salah satunya adalah upaya mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity) dengan memastikan 70 persen warga setiap Desa/Kelurahan se-Kabupaten Luwu mendapat vaksin Covid-19.

Atas segala upaya yang telah dilakukan, Pemerintah Kabupaten Luwu memberikan penghargaan kepada Kepala Desa dan Lurah yang telah mencapai Herd Immunity di atas 70 persen vaksinasi covid-19 di wilayahnya masing-masing.

ADVERTISEMENT

Dari 227 Desa/Kelurahan se Kabupaten Luwu, terdapat 73 desa yang telah mencapai Herd Immunity sebesar 80 persen. Desa/Kelurahan tersebut adalah Kecamatan Larompong Selatan (Dadeko, Sampano, Temboe, Malewong), Kecamatan Larompong (Larompong, Lumaring, Binturu), Kecamatan Suli (Cakkeawo), Kecamatan Suli Barat (Desa Muhajirin), Kecamatan Belopa (Desa Senga Selatan, Pasamai, Balubu, Tampumia Radda), Kecamatan Belopa Utara (Desa Lauwa), Kecamatan Kamanre (Desa Salu Paremang), Kecamatan Bajo (Bajo, Balla, Rumaju, Tallang Bulawang, Jambu, Langkidi, Samulang, Buntu Babang, Sumabu), Kecamatan Bajo Barat (Bonelemo, Bonelemo Utara, Bonelemo Barat, Kadong-Kadong, Marinding, Sampeang, Saronda, Tetekan, Tumbubara), Kecamatan Bupon (Desa Salu Induk), Kecamatan Ponrang (Desa Padang Subur, Padang Sappa, Tumale, Buntu Kamiri, Buntu Nanna, Tirowali, Parekaju, Tampa), Kecamatan Ponrang Selatan (Desa Paccerakang), Kecamatan Bua (Toddopuli, Bukit Harapan, Lengkong, Karang-Karangan, Raja, Puty, Tanarigella, Pabberesseng, Padang Kalua), Kecamatan Walenrang (Walenrang, Harapan, Kalibamamase), Kecamatan Walenrang Barat (Ilan Batu), Kecamatan Lamasi Timur (Seriti), Kecamatan Bastem (Ledan, Kanna Utara, Buntu Batu, To’long, Andulan, Lange, Bolu, Mappetajang, Kanna), Kecamatan bastem Utara (Ta’ba, Buntu Tallang, Barana), Kecamatan Latimojong (Tolajuk, Ulu Salu, To Barru, Pangi)

Sedangkan terdapat lima Kecamatan yang telah mencapai Herd Immunity atau capaian vaksinasi telah mencapai 80 persen, yakni Kecamatan Bajo, Bajo Barat, Ponrang, Bua dan Bastem.

Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan masyarakat terutama sinergitas yang terjalin dari Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu yang terdiri dari TNI-Polri, unsur pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat sehingga upaya mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity) dapat terlaksana secara maksimal.

“Pemberian penghargaan ini atas usaha dan kerja keras seluruh elemen masyarakat Kabupaten Luwu terutama Tim Satgas Covid-19 yang terdiri dari TNI, POLRI, Camat, Kepala Desa/Lurah, Kepala Puskesmas dan petugas lainnya. Terima kasih atas sinergitas yang selama ini telah terjalin, dibawah komando Kapolres Luwu yang terus memotivasi masyarakat untuk menerima vaksinasi, sehingga tercapai target Herd Immunity Covid-19 di Wilayah masing-masing,” kata H Basmin Mattayang

Meski telah mencapai Target Herd Immunity, Bupati Luwu mengingatkan kepada para Kepala Desa/Lurah agar menjadi contoh bagi masyarakatnya untuk tidak lengah dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker serta menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan sekitar.

“Pencapaian Herd Immunity diharapkan mampu menekan penularan serta lonjakan kasus Covid -19 secara signifikan. Namun kita jangan lengah karena ancaman varian baru Covid-19 masih masih ada. Kepada Kepala Desa dan Lurah agar menjadi contoh bagi masyarakatnya agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selalu imbau masyarakat untuk memakai masker dan rajin mencuci tangan terutama jika ada hajatan dalam wilayah masing-masing,” lanjut H Basmin Mattayang

Kapolres Luwu yang juga menjabat selaku Ketua Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto mengakui sangat bangga atas pencapaian Herd Immunity di Kabupaten Luwu

“Alhamdulillah hari ini saya bangga dan bisa berdiri tegak dihadapan rekan-rekan kerja saya para pemimpin masyarakat yang sudah membuktikan tugas, tanggung jawab dan kewajibannya sebagai pelindung, pengayom dan memberikan teladan kepada masyarakatnya,” ucap AKBP Fajar Dani Susanto

Menurut Kapolres Luwu, berkat kerja keras dan kerjasama yang baik dari rekan-rekan semua, para Camat, Kepala Desa, Lurah, Kepala Puskesmas dan tim lainnya, capaian vaksinasi pertanggal 23 Desember 2021 mampu menembus angka 72 persen dari hasil semula pada tanggal 7 Desember 2021 yang hanya bisa mencapai 41 persen.

“Sangat luar biasa, ternyata kiprah kita menjadi teladan bagi masyarakat bisa membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Luwu termasuk 6 Kabupaten pertama yang mampu mencapai target dari pemerintah pusat 70 persen tahun 2021,” ungkap AKBP Fajar Dani Susanto

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr Rosnawary Basir melaporkan bahwa secara keseluruhan pencapaian vaksinasi di kabupaten luwu sudah mencapai 80,78 persen untuk vaksin dosis pertama, dan 30,83% untuk vaksin dosis kedua. hal ini sudah diupayakan dan diselesaikan untuk mencapai target 100% sampai akhir bulan desember. dari sebanyak 227 desa atau kelurahan di kabupaten luwu, sudah ada 73 desa/kelurahan dengan capaian vaksinasi di atas 80% atau telah mencapai Herd Immunity (kekebalan komunal)

Pemberian Penghargaan Kepada Kepala Desa/Lurah, Bupati Luwu juga menyerahkan Apresiasi dan Penghargaan, baik itu kepada Instansi dan individu yang ikut berperan aktif mensukseskan program vaksinasi Covid-19. Selain pemberian penghargaan, Bupati juga menyerahkan bantuan 3 Unit mobil Ambulance, masing-masing kepada Klinik Polres Luwu, PSC 119 Kabupaten Luwu dan bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu. (hwn)

ADVERTISEMENT