Cari Pilot Susi Air Disandera KKB Papua, Anggota TNI Gugur Ditembak

213
ADVERTISEMENT

PAPUA — Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali berduka. Salah satu prajurit bernama Pratu Miftahul Arifin, gugur setelah ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Sabtu (15/04/2023). Peristiwa itu terjadi dalam proses pencarian pilot Susi Air Capt Philip Mark Merthens, di Nduga, Papua Pegunungan.

“Bahwa kejadian tersebut benar, yaitu prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas dalam rangka pencarian pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam Kab Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KKB, Sabtu, 15 April,” ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Herman Taryaman kepada wartawan.

ADVERTISEMENT

“Satu orang prajurit atas nama Pratu Miftahul Arifin tertembak dan jatuh ke jurang sedalam kurang lebih 15 meter dan yang bersangkutan diketahui meninggal dunia,” tambahnya.

Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono saat konferensi pers menegaskan, TNI tidak pernah mundur untuk menjaga kedaulatan, termasuk di wilayah Papua. Dia mengutip arahan Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas tanpa ragu.

ADVERTISEMENT

“TNI sebagai patriot NKRI tidak pernah mundur sejengkal pun untuk menjaga kedaulatan wilayah RI dan itu masih konsisten dilaksanakan di Papua,” ujarnya. “Panglima TNI dengan tegas menyampaikan untuk ambil tindakan jangan ragu-ragu,” tegasnya. (***)

ADVERTISEMENT