Cegah Covid-19, Kemenag Siapkan Manasik Haji Online

51
Kabid penyelenggaraan haji dan umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono
ADVERTISEMENT

MAKASSAR-Ditengah merebaknya wabah virus corona, Penyelenggaraan operasional haji Indonesia tahun 1441 H atau tahun 2020, hingga saat ini masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi.

Kendati saat ini, belum mendapat kejelasan, namun pihak penyelenggara haji dan umrah Kemenag RI, telah penyiapkan buku paket manasik haji online. Buku Paket ini bisa diakses melalui http://haji.kemenag.go.id/v4/beranda.

Kebijakan tersebut, dilakukan sesuai dengan kebijakan dan protokol penanganan pencegahan dan penyebaran virus corona.

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) penyelenggaraan haji dan umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel), Kaswad Sartono dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kemenag Sulsel.

ADVERTISEMENT

“Mudah-mudahan dengan hadirnya Buku Paket Manasik Haji online ini, di samping untuk memantapkan persiapan manasik haji, juga sekaligus dapat memenuhi standar protokol sosial distancing dalam rangka mencegah pandemi virus corona.” Katanya dalam rilis yang diterima Koran Seruya, Selasa (14/4/2020).

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika hingga Senin (13/4/2020) kemarin, pelunasan biaya haji telah mencapai angka 74 persen.

ADVERTISEMENT

“Berdasarkan data siskohat kemarin, kuota haji Sulsel 7.272 orang, sudah melunasi 5.196 (74 %), dan sisanya yang belum sebanyak 1.913 orang. Mudah-mudahan sebelum masa yang ditentukan, 30 Mei Sulsel bisa selesai 100 %,” tambah Kaswad.

Dirinya juga mengatakan, jika saat ini pihaknya juga telah melakukan sosialisi pelaksanaan manasi haji online ke setiap kantor Kemenag di wilayah Sulsel. (Sya)

ADVERTISEMENT