Cegah Oknum Jual Kembali dengan Harga Tinggi, Mega Plaza Palopo Paketkan Minyak Goreng dengan Barang Lain

5050
Mega Plaza mempaketkan minyak goreng dengan barang lain. (Foto : Andri Sulaiman)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Semenjak ditetapkan satu harga oleh pemerintah yakni Rpo 14 ribu, Minyak goreng kini menjadi primadona yang paling dicari ibu rumah tangga. Hampir semua toko ritel disesaki warga untuk mendapatkan minyak goreng.

Salah satunya di Mega Plaza Palopo. Swalayan yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan kembali menjadi tempat sasaran perburuan minyak goreng, Senin 7 Maret 2022. Tidak sedikit warga rela mengantri demi mendapatkan minyak goreng.

Minyak goreng hingga kini masih Langka di pasaran, itu pun ada, harganya masih mahal. Meskipun Pemkot Palopo dalam hal ini Dinas Perdagangan sudah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar swalayan. Namun, kelangkaan minyak goreng dirasakan bahkan sampai tingkat grosir dan toko besar lainnya.

Karyawan Mega Plaza bahkan kewalahan menghadapi pembeli yang sebagian besar ialah emak-emak. Saat stok minya goreng datang, tanpa aba-aba warga kemudian memburunya.

ADVERTISEMENT

Assisten Manajer Mega Plaza palopo, Chia, saat ditemui Awak Media Koran Seruya menjelaskan, Stok minyak goreng yang mereka siapkan sangat terbatas.

Mereka juga menerapkan aturan satu orang hanya boleh membeli dua liter minyak goreng. Salah satu langkah untuk mencegah oknum menjual kembali minyak goreng ialah dengan mempaketkannya dengan barang lain.

Seperti, minyak goreng dipaketkan dengan mie instan dan kental manis. Kemasan paket tersebut dibanderol dengan harga Rp 62 ribu.

Cara itu dianggap cukup ampuh dalam mengatasi oknum-oknum yang ingin menjual minyak goreng dengan harga lebih tinggi. (and)

ADVERTISEMENT