Cegah Penyakit, Indera Siswa SMP 14 Palopo Diperiksa

698
ADVERTISEMENT

PALOPO – Belum lama ini, SMP Negeri 14 Palopo melakukan pemeriksaan panca indera kepada para siswa. Hal tersebut difasilitatori ol Puskesmas Kecamatan Telluwanua.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Screening panca indra merupakan sebuah program pencegahan ataupun penanggulangan terhadap lima panca indera pada manusia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

ADVERTISEMENT

“Indera yang baik dan sehat merupakan hal yg penting untuk menunjang proses pembelajaran siswa, sehingga screening memang diperlukan,” kata Sahabuddin, Kepala Sekolah SMPN 14 Palopo.

Sahabuddin menjelaskan tidak ada alasan untuk tidak menyambut baik kegiatan pemeriksaan panca indera tersebut. Gangguan indra secara nyata bisa menjadi kendala bagi para penyandangnya untuk menjalani hidup yang lebih berkualitas dan produktif.

ADVERTISEMENT

“Selain mengecek fungsi dan kesehatan indera siswa, hal tersebut juga mengisyaratkan agar para siswanya memelihara dan merawat kesehatan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Atriana Rumae, Guru SMPN 14 Palopo menambahkan screening indra di fokuskan kepada seluruh siswa kelas 7. Mulai dari pemeriksaan mata, kulit, hidung, telinga dan lidah diperiksa oleh petugas dari puskesmas.

“Tidak ada masalah yang signifikan, hanya beberapa siswa yang mengalami sedikit gangguan pada kulit dan mata seperti minus atau rabun jauh,” tambahnya. (apl/liq)

ADVERTISEMENT