Cegah Penyakit Sejak Dini, Siswa SMPN 4 Palopo Ikuti Penjaringan Kesehatan

59
Puskesmas Benteng melakukan penjaringan kesehatan di SMPN 4 Palopo, Kamis (1/9/2022). Penjaringan ini dilaksanakan di Aula SMPN 4 Palopo. (Foto : Reski Rahmadani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Puskesmas Benteng melakukan penjaringan kesehatan di SMPN 4 Palopo, Kamis (1/9/2022). Penjaringan ini dilaksanakan di Aula SMPN 4 Palopo.

Kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali. Tujuannya sebagai salah satu bentuk mendeteksi dini dari masalah kesehatan untuk siswa.

ADVERTISEMENT

Dalam kegiatan tersebut terdiri beberapa pemeriksaan diantaranya Pemeriksaan mata, telinga, mulut, jiwa, gizi, dan kebersihan diri.

Untuk terkait masalah kesehatan yang mendapat rujukan dialami oleh siswa SMPN 4 yaitu telinga dan gigi saja.

ADVERTISEMENT

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 4 Palopo, Kartini Alwi melalui Maryam bidang Humas. Dia mengatakan dalam kegiatan ini diharapkan dapat mengatasi dan mendeteksi pencegahan dini dari penyakit bagi siswa.

Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan secara optimal di tingkat sekolah.

Sementara itu, Puskesmas Benteng, Suleha Sayang mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini tidak hanya dilakukan di SMPN 4 Palopo saja. Selain pihaknya, Dinas Kesehatan dan puskesmas lain juga melakukan hal serupa.

Selain pendeteksi dini dari penyakit, kegiatan itu juga dimaksud agar data atau informasi tentang tersedianya perkembangan untuk kesehatan peserta didik ada di sekolah.

Ia berharap, dengan kegiatan ini siswa bisa dideteksi sedini mungkin dari penyakit sehingga kesehatan mereka bisa terpantau agar nantinya bisa dirujuk dan ditangani langsung di fasilitas kesehatan. (eky)

ADVERTISEMENT