Cerita Litania Oktavine, Mahasiswi Penerima Beasiswa Gratis Asal Luwu Timur yang Kuliah di Makassar

1650
ADVERTISEMENT

MALILI–Menempuh dunia pendidikan di perguruan tinggi merupakan prioritas bagi kalangan remaja yang telah menyelesaikan pendidikannya di bangku SMA. Namun sayangnya biaya pendidikan di bangku kuliah membutuhkan biaya pendidikan yang cukup mahal.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Tapi bagi warga Luwu Timur haruslah berbangga karena biaya pendidikan mulai di jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga SMA Pemerintah Kabupaten Luwu Timur memberikan program sekolah gratis. Bahkan pada tingkat perguruan tinggi pemerintah telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa Luwu Timur.

Salah satunya ialah Litania Oktavine Laban mahasiswi Sekolah Tinggi Farmasi Makassar yang mendapatkan bantuan program berprestasi gratis dari Pemkab Luwu Timur.

Atas biaya kuliah yang didapatkan dari Pemkab Luwu Timur, Litania Oktavine Laban menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Muhammad Thorig Husler (MTH).

ADVERTISEMENT

Ia mengatakan jika selain dirinya sejumlah mahasiswa lain bersyukur setelah Bupati Luwu Timur, Thorig Husler saat itu meluncurkan program beasiswa gratis kepada mahasiswa asal Luwu Timur.

“Sebagai mahasiswa saya sangat terbantu dengan beasiswa ini. Karena dapat meringankan beban orang tua membayar uang kuliah,” kata Lita lewat videonya, Minggu (11/10/2020).

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Mahasiswi semester 5 ini pun menyampaikan harapannya dan harapan rekannya sesama mahasiswa Luwu Timur agar program beasiswa ini terus dilanjutkan.

Lita mengaku sudah menerima beasiswa sekali untuk tahun 2019 dan tahun 2020 untuk kedua kalinya.

“Kami sangat terbantu dengan program beasiswa ini. Terima kasih untuk bapak Thorig Husler. Semoga sehat selalu untuk memimpin Luwu Timur kedepan,” katanya.

Program beasiswa Pemkab Luwu Timur untuk jenjang S1 sudah disalurkan kepada 14.500 mahasiswa dengan total anggaran yang digunakan Rp 57.804.000 atau Rp57 miliar.

Program beasiswa S1 adalah program prioritas dinas pendidikan sesuai yang tertuang dalam visi-misi Bupati Luwu Timur periode 2016-2021 Muhammad Thorig Husler.

Beasiswa ini diluncurkan untuk membantu lulusan SMA sederajat bisa melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Bantuan beasiswa ini sudah teralisasi sejak tahun 2017 hingga saat ini atau 2020.

Sesuai data dinas pendidikan, jumlah penerima beasiswa S1 sejak tahun 2017 hingga 2019 sebanyak 14.500 penerima beasiswa (mahasiswa).

Rinciannya, penerima pada tahun 2017 sebanyak 3.947 penerima tahun 2018 sebanyak 4.975 dan tahun 2019 adalah sebanyak 5.578.

Untuk tahun 2020 belum tengah direkapitulasi datanya karena masih on progress.

Diketahui, selain bantuan beasiswa berprestasi gratis Pemkab Luwu Timur juga memberikan beasiswa kurang mampu bagi warga Luwu Timur yang akan menempuh dunia pendidikan di tingkat S1. (Rah)

ADVERTISEMENT