Ciptakan Pelaut Handal, 42 Taruna SMK Pelayaran SNU Palopo Jalani Pemeriksaan Paket Prala

740
Tim PUKP memeriksa laporan prala taruni jurusan Nautika Kapal Niaga di Hotel Mulia Indah Palopo, Sabtu (9/3/2019).

PALOPO — Sebanyak 42 taruna dan taruni SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo mengikuti ujian Pemeriksaan Paket Praktek Laut (Prala) dan pengujian Training Record Book TRB) di Hotel Mulia Indah Palopo Sabtu (9/3/2019).

Mereka yang mengikuti ujian berasal dari dua jurusan yakni jurusan teknika kapal niaga dan nautika kapal niaga. Para taruna akan mempertanggungjawabkan kegiatan selama melakukan prala selama tahun 2018 lalu.

BACA JUGA :87 Siswa SMK Pelayaran SNU Palopo Diberi Bekal Prala di Hotel

Ketua Yayasan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong meminta kepada anak didiknya untuk tidak tegang menghadapi tim Penguji Ujian Keahlian Pelaut (PUKP) yang berasal dari BP2IP Barombong.

“Tetap tenang dan optimis. Apa yang kalian lakukan diatas kapal selama setahun kemarin akan ketahuan di sini,” kata Rustam Lalong.

BACA JUGA :Hanya SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo yang Gelar Ujian Pelaut di Indonesia

Setelah ujian ini, hasilnya akan langsung dibawa ke Makassar. “Senin mendatang, insya Allah nilainya akan diumumkan. Ujian ini sangat menentukan. Ini menentukan taruna untuk bisa mengikuti ujian pasca prala. Kita mau lulusan SMK Pelayaran ini handal dan siap bekerja,” tegas Rustam sambil membuka ujian secara simbolis.

Ketua Yayasan SMK Pelayarana Samudera Nusantara Utama Palopo, Rustam Lalong menyampaikan sambutan sekaligus membuka ujian secara simbolis.

Sementara itu, PUKP Wilayah 8 BP2IP Barombong, Obet mengatakan akan memeriksa laporan atau kertas kerja prala para taruna. “Kita akan uji. Mana taruna yang betul-betul melakukan praktek diatas kapal. Akan kelihatan sendiri,” singkatnya.

BACA JUGA :SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo Raih Sertifikat Approval

Kepada Koranseruya.com, Rustam Lalong mengaku ujian seperti ini baru pertama kalinya dilakukan di Palopo. Selama ini dilakukan di BP2IP Barombong. SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo melaksanakan ujian di Palopo karena juga telah memperoleh sertifikat approval dari Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. (asm)

Para taruna yang akan mengikuti ujian. Nampak di depan mereka setumpuk laporan yang akan dipertanggungjawabkan.
Rustam Lalong menyemangati taruna di ruang tunggu sebelum mengikuti ujian.