Covid-19 Tak Lunturkan Semangat Nasionalisme

32
Rektor IAIN Palopo, Prof Abdul Pirol dan CEO Teknocorp Group, Darwis Ismail.
ADVERTISEMENT

PALOPO – Rakyat Indonesia hari ini merayakan kemerdekaan ke-76 setelah terlepas dari belenggu penjajahan. Tidak seperti tahun-tahun kemarin, warga tidak bisa menggelar kegiatan yang meriah lantaran Covid-19.

Namun, hal itu tidak mengurangi rasa nasionalisme masyarakat. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Prof Dr Abdul Pirol mengatakan momentum kemerdekaan dapat membangkitkan spirit perjuangan para pahlawan dan pendahulu bangsa Indonesia. Menurutnya melalui peringatan Kemerdekaan RI, dapat memberi semangat dan mengokohkan tekad membawa bangsa dan negara menjadi lebih sejahtera.

“Kalau dahulu bangsa kita dapat terbebas dari cengkeraman penjajah, maka seharusnya kita optimis dapat juga terbebas dari pandemi Covid19. Hal terpenting adalah menjaga persatuan dan bekerja bersama untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” kata Abdul Pirol, Selasa (17/8/2021).

Sementara itu, pengusaha asal Tana Luwu, Darwis Ismail optimis Indonesia dapat keluar dari permasalahan yang dihadapinya. Terutama dalam penanganan Covid-19.

ADVERTISEMENT

“Indonesia adalah bangsa yang besar, sudah terbiasa berjuang untuk keluar dari masalah. Masalah wabah covid 19 wajib kita hadapi bersama susah senang kita hadapi bersama,” CEO Teknocorp Group itu.

Dia menjelaskan, Indonesia punya pengalaman berjuang bertahun-tahun dan tidak punya semangat pantang menyerah. Menurutnya salah satu upaya untuk keluar dari wabah yang berasal dari Wuhan China itu dengan vaksinasi.

“Dengan adanya program vaksinasi dari pemerintah maka rakyat wajib berpartisipasi agar semua terbebas dari cengkraman wabah. Vaksinasi 70 persen dari total jumlah penduduk, Insya Allah kita terbebas dari bahaya pandemi ini. Oleh karena itu saya ingin beri motivasi ke semua anak bangsa ini bahwa saatnya kita bangkit dan lawan pandemi ini dengan upaya mencari solusi lain yang bisa membebaskan kita dari cengkraman pandemi ini,” ujarnya.

“Semoga upaya tersebut berhasil dan kita segera keluar bersama dari permasalahan pandemi ini, sekali Merdeka tetap Merdeka dan Indonesia tetap semangat,” sambungnya. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT