Curah Hujan Tinggi, Distribusi Air Wilayah Selatan dan Tengah Kota Palopo Terganggu, Begini Solusi Sementara PAM TM

241
Mobil Tanki Air PAM TM saat melayani penyuntikan air ke pipa distribusi di wilayah yang mengalami gangguan. 
ADVERTISEMENT

PALOPO–Di pertengahan bulan Juli ini, cuaca di wilayah kota Palopo dan sekitarnya sedikit kurang mendukung. Tingginya intensitas dan curah hujan membuat distribusi air bersih oleh Perusahaan Daerah (Perusda) Air Minum Tirta Mangkaluku (PAM TM) kota Palopo juga ikut terganggu.

Humas PAM TM Wiwin S. Toni saat dihubungi Koran Seruya, Minggu 18 Juli 2021, mengatakan, gangguan distribusi air saat ini dialami oleh warga di wilayah selatan dan tengah kota Palopo. Kondisi ini sudah berlangsung kurang lebih tiga hari sejak Jumat (16/7) akibat keruhnya air baku dari Sungai Latuppa.

ADVERTISEMENT

“Kondisi hulu sungai akibat cuaca hujan terus menerus selama beberapa hari ini, ditambah lagi adanya pembenahan infrastruktur jalan di Bastem atau hulu sungai yang membuat kondisi air baku semakin parah. Karena bukan saja air dan lumpur yang masuk dari genangan air dari atas, tapi juga kerikil ikut masuk. Sehingga kondisi intake Latuppa otomatis ikut keruh,” terang Wiwin.

Akibat kondisi dari faktor alam (force majeur) ini, PAM TM masih mengupayakan untuk menguras intake Latuppa agar distribusi air kembali lancar atau normal.

ADVERTISEMENT

Selain itu, masih dijelaskan Wiwin, PAM TM juga masih terus membuka layanan penyuntikan ke pipa distribusi di wilayah layanan yang terganggu distribusi air, terlebih jelang hari raya Idul Adha 1442 H ini dimana kebutuhan air bersih tentu sangat diperlukan masyarakat.

“Kita membuka nomor telepon layanan pengaduan di 0851-4532-0000 bagi daerah yang mengalami gangguan distribusi air,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Ada 6 unit truk tanki air yang siap melayani kebutuhan air bersih, dimana jelang hari raya Idul Adha ini permintaan ikut naik, baik rumah maupun masjid/musholla. Sehingga penyuntikan air ke pipa distribusi menjadi solusi sementara.

“Adapun jam operasional penyuntikan air melalui truk tanki air tersebut, mulai jam 09.00 pagi hari, hingga jam 23.00 WITA,” pungkas Humas PAM TM tersebut.

(*)

ADVERTISEMENT