Daihatsu Taft Meluncur Januari 2020, Begini Spesifikasinya

617
Daihatsu Taft terbaru
ADVERTISEMENT

DAIHATSU rupanya ingin mengharumkan nama mobil legendarisnya lagi dalam waktu dekat. Usai meluncurkan Rocky reborn, jenama Jepang ini juga akan merilis Taft. Daihatsu Taft sendiri merupakan induk dari varian-varian SUV lawas yang dilahirkan pabrikan. Rocky, jadi salah satu varian Taft, yang ciri khasnya punya kabin belakang model ‘tempel’.

Hanya saja Daihatsu Taft terbaru yang bakal dikenalkan punya bentuk kurang identik dengan versi lawasnya sebagai SUV yang macho dan jantan. Taft terbaru akan menjelma menjadi kei car yang justru lebih imut dan mungil.

ADVERTISEMENT

Mengacu laman resmi Daihatsu, bentuknya akan tetap mengotak tapi dengan bentuk serupa Daihatsu Tanto maupun Suzuki Hustler. Bahkan secara ukuran, ada kemiripan dengan Daihatsu Tanto –meskipun belum ada laporan keduanya punya basis yang sama.

Mobil punya panjang dimensi 3.395 mm, lebar 1.475mm, dan tinggi 1.630 mm. Tak cuma itu, dari jantung mekanis kabarnya akan bersemayam mesin 660 cc dengan turbo yang dikawinkan transmisi CVT ke roda depannya.

ADVERTISEMENT

Guna menopang bentuknya yang boxy tersebut, Daihatsu Taft Concept, demikian namanya akan dipasangkan ban berukuran 165/65 ring 15. Oke kalau dari visualnya, mobil punya desain lampu kotak sedikit besar mirip Taft lawas yang sudah LED. Lampunya itu mengapit grille dengan lubang vertikal khas SUV jadul.

Di bawahnya ada lekukan bumper yang menonjol ke depan guna menambah karismatik mobil, yang juga sebagai housing lampu kabut, air dam, beserta under guard silver, dilansir dari Kumparan.com.

Sementara melihatnya serong, desain bumper depan dengan bubuhan plastik trim hitam mengular hingga ke samping, menjadikannya sebuah over fender yang akhirnya sedikit menyamai Taft yang eksis tahun 80 sampai 90-an itu.

Selebihnya untuk memanjakan pengemudi maupun penumpangnya saat di perkotaan maupun perjalanan berpetualang, atap pun sengaja dibuat dari kaca yang tahan benturan (glass proof).

Nantinya, panggung Tokyo Auto Salon yang akan dihelat pada 10 sampai 12 Januari 2020 bakal jadi panggung Daihatsu Taft Concept dikenalkan. Kemudian, rencananya mobil akan diproduksi massal pertengahan tahun depan. Jadi bagaimana pendapatmu soal reinkarnasi Daihatsu Taft ini? Atau nantinya menyusul Daihatsu Hiline versi modern juga? Kita nantikan bersama. (*/tari)

ADVERTISEMENT